Jakarta, innews.co.id – Sudah cukup lama para advokat terbelah. Wadah tunggal advokat (PERADI) pecah menjadi 3. Belum lagi ditambahkan kehadiran KAI.

Menyikapi hal tersebut Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan HAM Mahfud MD mendorong para advokat untuk bersatu kembali.

“Persatuan advokat sangat diperlukan demi kemajuan advokat itu sendiri. Meski demikian hal tersebut sangat tergantung keputusan Mahkamah Agung,” kata Mahfud saat menghadiri Syukuran Ikatan Alumni Universitas Islam Indonesia, di Jakarta, Senin (11/11/2019).

“Mudah-mudahan Peradi bersatu tetapi itu akan banyak ditentukan Mahkamah Agung,” kata Mahfud yang juga menjabat sebagai Dewan Pakar Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Peradi ini.

Mahfud berharap ada sosok yang dapat mempersatukan Peradi kembali. Menyikapi hal tersebut Sekjen Peradi Thomas Tampubolon menilai sosok Otto Hasibuan sebagai orang yang tepat untuk mempersatukan seluruh advokat di Indonesia. Hal ini terlihat dengan banyaknya penegak hukum yang mengakui kapasitasnya saat memimpin Peradi. (RN)