Ketua MAKIN Karawang Herry Wiratma , SE., bersama Gianti Setiawan Ketua Panitia Ji Si Siang Ang memberikan paket sumbangan kepada salah satu perwakilan saat pembukaan acara

Jakarta, innews.co.id – Ketika sikap individualistik kian menguat dan spirit egosentris begitu mengemuka akhir-akhir ini, Majelis Agama Khonghucu Indonesia (MAKIN) Karawang secara konsisten menunjukkan belas kasih dan kebersamaan yang dibangun atas dasar ketulusan.

Suasana pembagian paket Ji Si Siang Ang dan angpao di Litang MAKIN Karawang, Minggu (19/1/2020)

Hal ini nampak dalam Peringatan Hari Persaudaraan atau dikenal dengan Ji Si Siang Ang/Er Si Sheng An yang dilaksanakan seminggu sebelum Hari Raya Imlek 2571 Kongzili.

Para pengurus MAKIN Karawang beserta umat Khonghucu melakukan aksi sosial dengan memberikan 791 paket dan angpao kepada umat MAKIN Karawang yang tidak mampu dan masyarakat sekitar Kelenteng (Bio Tjoe Soe Kong) dari berbagai umat agama lainnya yang membutuhkan, Perkumpulan Kematian Mulia serta Umat MAKIN Teko di Bekasi dan warga sekitarnya, Minggu (19/1/2020).

Pemberian paket sumbangan, angpao, dan pakaian ke MAKIN Teko Bekasi pada kegiatan Hari Persaudaraan / Ji Si Siang Ang dari MAKIN Karawang

Dalam pesan singkatnya kepada innews, Herry Wiratma SE., Ketua MAKIN Karawang menuturkan, kegiatan ini rutin diadakan setidaknya lebih dari 30 tahun silam.

“Kami rutin mengadakan aksi sosial ini bagi orang-orang yang kurang mampu. Tidak hanya umat Khonghucu, tapi juga kepada masyarakat sekitar yang beragama lain,” terang Gianti Setiawan, Ketua Panitia Ji Si Siang Ang 2571 Kongzili.

Suasana pemberian sumbangan dan angpao dari MAKIN Karawang di Hari Persaudaraan / Ji Si Siang Ang

Bantuan sembako yang diberikan terdiri dari beras, gula, minyak, kecap, mie, kue keranjang, serta angpao. “Ini semua sebagai wujud kasih kami kepada saudara-saudara di wilayah Karawang,” kata Gianti Setiawan.

Gianti juga secara khusus mengucapkan terima kasih kepada para dermawan (donatur) yang telah turut berpartisipasi.

Panitia Hari Persaudaraan / Ji Si Siang Ang yang selalu siap melaksanakan tugas pengabdian

Herry Wiratma menambahkan, tiap tahunnya, Imlek dirayakan dengan meriah di Karawang. (RN)