Jakarta, innews.co.id – Terjawab sudah siapa yang bakal mendampingi Presiden Joko Widodo dalam menjalankan tugas-tugas kenegaraannya untuk periode 2019-2024.

Dengan tanpa mengurangi rasa hormat dengan partai-partai pendukungnya, Jokowi memutuskan memilih Prof Dr KH Ma’ruf Amin sebagai calon wakil presiden yang akan mendampingi dirinya pada Pemilihan Presiden 2019.

Penegasan itu disampaikan langsung oleh Jokowi di Restoran Plataran, Jalan HOS Tjokroaminoto, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (9/8).

“Setelah melalui perenungan mendalam, saya memutuskan dan telah mendapatkan persetujuan dari partai-partai koalisi yaitu koalisi Indonesia Kerja bahwa yang akan mendampingi saya sebagai calon wakil presiden periode 2019-2024 adalah Prof Dr Kh Ma’ruf Amin,” ujar Jokowi didampingi oleh para ketua umum partai pendukungnya.

Hadir pada kesempatan tersebut para ketua umum partai pendukung Jokowi. Mereka diantaranya Ketua Umum Hanura Oesman Sapta Odang, Ketua Umum Perindo Hari Tanoesudibjo, Ketua Umum PSI Grace Natalie, Ketua Umum PKPI Diaz Hendropriyono, Ketua Umum Nasdem Surya Paloh, Ketua Umum PPP Romahurmuziy, dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar.
Keputusan tersebut disampaikan Jokowi setelah mendengarkan masukan dari para ulama, ketua umum partai, pengurus partai dan dari relawan di seluruh tanah air.

Pada kesempatan tersebut, Jokowi juga menyatakan secara resmi maju kedua kalinya di Pilpres 2019.

“Tanggung jawab besar ini erat kaitannya dengan cita-cita untuk meneruskan mimpi besar Indonesia maju dalam melanjutkan pembangunan merata dan berkeadilan di seluruh pelosok nusantara,” tandasnya.

Selanjutnya, pada Jumat (10/8, pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin diantar oleh para pimpinan parpol yang mengusungnya mendaftar ke KPU. (RN)