Indahnya kebersamaan para tokoh lintas agama

Jakarta, innews.co.id – Senja itu, Selasa (21/5/2019), suasana Klenteng Kong Miao di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, agak berbeda dari biasanya.

Satu persatu pemuka lintas agama tiba di klenteng yang begitu megah tersebut untuk menghadiri acara Buka Bersama yang diinisiasi oleh Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (Matakin) DKI Jakarta. Suasana senda gurau para agamawan tersebut seolah mengiringi hadirnya senja.

Tokoh-tokoh Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha dan Khonghucu yang dipayungi oleh FKUB Provinsi DKI dan Wilayah nampak begitu bersahabat. Perbedaan boleh ada, namun persaudaraan tetap mengemuka.

Sambil menunggu waktu berbuka, para tokoh lintas agama menggelar diskusi ringan mengenai puasa dalam perspektif agama masing-masing di Klenteng Kong Miao, TMII, Jakarta, Selasa (21/5/2019)

Sambil menunggu waktu berbuka, para tokoh merajut diskusi mengenai puasa dalam perspektif agama masing-masing. Suasana pun demikian cair.

Saat berbuka tiba, para tokoh menikmati sajian yang telah dipersiapkan oleh para Pengurus Matakin Provinsi DKI Jakarta.

Kepada innews, Js. Liem Liliany Lontoh, SE., M.Ag., Ketua Matakin DKI Jakarta mengatakan, “Buka Puasa Bersama Lintas Umat Beragama sebagai wujud silaturahim untuk kerukunan dan kedamaian antar-umat beragama. Ini sesuai dengan ayat suci Agama Khonghucu, bahwa di Empat Penjuru semua bersaudara”.

Js. Liem Liliany Lontoh Ketua Matakin DKI Jakarta, ajak semua umat beragama sebarkan kedamaian

Lebih jauh Liliany mengharapkan bila kesejukan dan kedamaian sudah ada di level para pemuka agama, maka hal tersebut bisa ditularkan sampai ke tingkat grass root.

Liliany berharap, di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini kiranya dapat dijadikan momentum untuk kembali ke kesucian masing-masing umat. (RN)

Hosting Unlimited Indonesia