Karawang, innews.co.id – Suasana riuh mewarnai Bio Kwan Tee Koen, Karawang, Kamis sore, 9 Mei 2019. Sejak pukul 15.30, ratusan orang menyemut hadir di tempat tersebut.

Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (MATAKIN) bekerja sama dengan Yayasan Vihara Dharma Prasada Mahametta dan Yayasan Puan Amal Hayati bertempat di Bio Kwan Tee Koen, mengadakan Buka Puasa Bersama dengan 500-an kaum dhuafa menghadirkan Dra. Shinta Nuriyah Abdurrahman Wahid, M.Hum., istri tercinta Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid atau akrab disapa Gus Dur.

Sinta Nuriyah bersama Gianti Setiawan

Mereka yang hadir terdiri dari para pemulung, tukang becak, pengamen, tukang sampah, penggali kubur, anak yatim Juga hadir sejumlah pengurus Nahdlatul Ulama (NU) dan pengajian di wilayah Karawang.

Acara tersebut juga dihadiri para tokoh FKUB di wilayah Karawang dan para pejabat pemerintah setempat.

Shinta Nuriyah tiba di tempat acara sekitar pukul 16.00 WIB. Tema yang diusung dalam acara yang merupakan rangkaian “Sahur Keliling 2019” tersebut adalah “Dengan Berpuasa, Kita Padamkan Kobaran Api Kebencian dan Hoaks”.

Sekitar 500 an orang menghadiri Bukber yang diprakarsai oleh Matakin di Bio Kwan Tee Koen, Karawang, Kamis sore, 9 Mei 2019

Dalam sambutannya Ketua Panitia Bukber sekaligus Ketua MAKIN Karawang Herry Wiratma, SE., mengatakan, acara ini sebagai bentuk kebersamaan dan wujud kepedulian dari warga Tionghoa Karawang terhadap saudara-saudara beragama Muslim yang tengah menjalankan ibadah puasa.

Sementara itu, Shinta Nuriyah dalam tausiyahnya mengajak semua pihak untuk selalu menjaga persatuan dan kesatuan.

Suasana Bukber yang diprakarsai MATAKIN begitu semarak di Bio Kwan Tee Koen, Karawang, Kamis sore, 9 Mei 2019

“Indonesia dibangun bukan oleh satu kelompok agama saja. Namun, oleh seluruh rakyat dari berbagai suku, etnis, dan agama. Karena itu, kita punya tanggung jawab untuk menjaga keutuhan NKRI dengan selalu membina hubungan yang baik dengan semua kelompok masyarakat yang berbeda suku, etnis, dan agama,” seru Shinta Nuriyah.

Pada kesempatan itu para tokoh FKUB secara bergantian membacakan puisi berjudul “Seuntai Puisi Untuk Bunda Shinta” karangan Xueshi Budi Santoso Tanuwibowo Ketua Umum Pengurus Pusat/Dewan Kerohaniwan MATAKIN periode 2018-2022.

Shinta Nuriyah memberikan tausiyah dan mengajak masyarakat memelihara kerukunan dan perdamaian

Puisi ini merupakan bentuk apresiasi dan rasa hormat terhadap sosok Shinta Nuriyah yang selama ini dikenal sebagai tokoh nasional yang begitu mencintai keragaman di Indonesia.

Kalimat demi kalimat bernas terucap secara bergiliran oleh para tokoh FKUB. “Ibu ini begitu konsisten; Menyapa kaum miskin duafa; Meski suaminya bukan lagi presiden; Langkahnya tetap terus terjaga”.

Panitia bersama acara Bukber, yakni MATAKIN yang diwakili Makin Karawang bersama Yayasan Vihara Dharma Prasadha Mahametta Kawarang

Mereka yang hadir tampak terkesima menyimak bait-bait puisi yang dilantunkan. “Shinta Nuriyah memang tak membawa permata; Janji surga dan atau tumpukan dollar Amerika; Dua puluh tahun hanya membawa cinta dan doa; Tapi keikhlasannya bak hujan ditengah dahaga,” demikian salah satu bait puisi tersebut.

Penampilan musik dan Paduan Suara FKUB mengiringi hadirin menikmati sajian buka bersama yang berlangsung dengan tertib.

Acara Bukber di Bio Kwan Tee Koen, Karawang, Kamis sore, 9 Mei 2019, dipadati umat

Di penghujung acara, panitia membagikan sarung kepada para kaum dhuafa yang hadir.

Gianti Setiawan Ketua Bidang Dana dan Usaha MATAKIN periode 2018-2022 menuturkan, acara ini secara berkesinambungan dilakukan sebagai bentuk kepedulian kepada saudara-saudara sebangsa yang tengah berpuasa.

Gianti Setiawan bersama suami tercinta Johanka, tokoh Matakin dibalik suksesnya acara Bukber bersama Shinta Nuriyah Abdurrahman Wahid. Gianti juga ditugaskan oleh MATAKIN untuk menggelar Bukber dan Sahur bersama Shinta Nuriyah Wahid setiap tahunnya, dimana bekerja sama dengan Yayasan Puan Amal Hayati (penyelenggara Sahur Keliling Shinta Nuriyah Wahid) secara rutin sejak tahun 2000

Sejak tahun 2000, MATAKIN bersama Yayasan Puan Amal Hayati secara rutin setiap tahunnya mengadakan ‘Sahur Keliling’ di berbagai tempat. (RN)

Hosting Unlimited Indonesia