Jakarta, innews.co.id – Kesatuan Bangsa Politik Kota Administrasi Jakarta Timur bersama Forum Pembauran Kebangsaan Jakarta Timur dan Badan Narkotika Nasional Kota Jakarta Timur, mengadakan kegiatan Peningkatan Pemahaman Pembauran Kebangsaan di Gedung A, Kantor Walikota Jakarta Timur, Rabu (19/6/2019) kemarin.

Acara yang dihadiri para tokoh lintas etnis dan suku tersebut dibuka oleh Sekretaris Kota Kota Administrasi Jakarta Timur Drs. H. Usmayadi, MSi.

Para anggota FPK Jakarta Timur dan Kasubdit Idewasbang Kota Administrasi Jakarta Timur Robertho Manurung bersama Johnny Sebayang dari Kemendagri

Dalam sambutannya, Usmayadi mengajak segenap komponen masyarakat lintas etnis di Jakarta Timur untuk terus menggalang persatuan dan kesatuan. Sebab, dengan begitu, maka akan tercipta iklim yang kondusif, di mana tentu akan sangat mendukung pembangunan yang komprehensif.

Para peserta Peningkatan Pemahaman Pembauran yang diadakan oleh Kesbangpol Kota Administrasi Jakarta Timur bersama Forum Pembauran Kebangsaan Jakarta Timur dan BNN Kota Jakarta Timur di Gedung A, Kantor Walikota Jakarta Timur, Rabu (19/6/2019)

Sementara itu dalam laporannya Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Jakarta Timur, Drs. Hamid Mas’ud mengatakan, kegiatan ini dilakukan dalam lima angkatan yang akan dilaksanakan setiap bulan.

“Ini merupakan kerjasama apik antara Kesbangpol Kota Administrasi Jakarta Timur, FPK Jakarta Timur, serta BNN Kota Jakarta Timur, di mana di tiap acara akan menghadirkan para tokoh lintas etnis. Dengan sering bertemunya para tokoh, maka akan terjalin silahturahmi dan kebersamaan yang terus bisa didaratkan sampai ke bawah,” kata Hamid Mas’ud.

Sekretaris Kota Kota Administrasi Jakarta Timur Drs. H. Usmayadi, MSi., secara resmi membuka acara Peningkatan Pemahaman Pembauran yang akan dilaksanakan selama 5 angkatan di Gedung A, Kantor Walikota Jakarta Timur, Rabu (19/6/2019)

Usai pembukaan, acara dilanjutkan dengan diskusi yang menghadirkan sejumlah narasumber di antaranya, Direktur Bina Ideologi, Karakter, dan Wawasan Kebangsaan Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri RI Johnny Sebayang, Ketua FPK Jakarta Timur Thelnie Daniel Onibala, dan Kepala BNN Kota Administrasi Jakarta Timur AKBP Muhammad Nasrun, yang dimoderatori oleh Herwin Madian, penggiat masyarakat dan kawula muda asal Lampung.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa Politik Kota Administrasi Jakarta Timur Drs. Hamid Mas’ud memberikan laporan kegiatan, Rabu (19/6/2019)

Ketiga pembicara masing-masing membedah nilai-nilai kebangsaan yang sejatinya harus dikembangkan di tengah-tengah hidup berbangsa dan bernegara.

Para peserta acara Peningkatan Pembauran Kebangsaan tampak serius mengikuti acara

Para undangan diberi pemahaman akan pentingnya hidup rukun dan guyub sebagai sesama anak bangsa. Demikian juga tidak begitu mudah mempercayai hoaks serta bisa bermitra dengan pemerintah dalam hal menjaga kondusifitas dan kedamaian di lingkungan tempat tinggal.

Anggota FPK Jakarta Timur solid dukung penyelenggaraan Peningkatan Pembauran Kebangsaan

Pada kesempatan itu Chandra Soemardjo Koordinator Bidang Komunikasi, Informasi, dan Sosialisasi FPK Jakarta Timur yang menggawangi acara ini mengharapkan agar para tokoh lintas etnis yang hadir bisa memaknai bahwa ada tanggung jawab bersama untuk menjaga stabilitas dan kondusifitas, khususnya di wilayah Jakarta Timur, utamanya pasca Pemilu Serentak 2019 ini. (RN)