Jakarta, innews.co.id – Partai Nasional Demokrat (Nasdem) nampaknya bergerak cepat. Wacana siapa Wakil Presiden yang akan mendampingi calon Presiden Joko Widodo terus digodok.

Menurut Sekjen Partai NasDem Johnny G. Plate, pihaknya telah menyiapkan nama-nama calon wakil presiden yang akan mendampingi Presiden Joko Widodo bertarung dalam Pilpres 2019. Meski begitu, NasDem tidak memaksakan diri bahwa nama-nama yang disiapkan tersebut harus dipilih oleh Jokowi.

Ketika dihubungi, (8/3) lalu, Johnny mengatakan, “Politik NasDem itu adalah politik tanpa syarat”.

Nasdem merasa punya tanggung jawab untuk mempersiapkan nama-nama cawapres apabila diminta Jokowi. “Nanti akan ada pertemuan, antara Jokowi dengan partai pengusungnya untuk membahas siapa nama cawapres yang akan mendampinginya,” kata Johnny.

Dikatakannya, sosok cawapres Jokowi harus mampu mendongkrak elektabilitas Jokowi. Selain itu, cawapres Jokowi harus memiliki chemistry dan memahami program serta visi-misi Jokowi.

“Cawapres juga harusnya adalah tokoh-tokoh yang nanti dalam rangka regenerasi politik. (Cawapres) Juga harus dikenal di tingkat internasional,” imbuhnya. (RN)