Jakarta, innews.co.id – Sudah menjadi rahasia umum bahwa dalam menjalankan pekerjaannya, para notaris bersentuhan dengan persoalan hukum. Bahkan, tidak sedikit yang terseret kasus hukum, padahal perannya hanya bersifat administratif. Karena itu, dibutuhkan proteksi khusus sehingga para notaris dapat menjalankan tugasnya dengan baik.

Secara terbuka hal ini disampaikan Nia Tresnawati, SH., Ketua Ikatan Notaris Indonesia Pengurus Daerah (Pengda) Tasikmalaya yang digadang-gadang maju sebagai calon ketua Pengurus Wilayah INI Jawa Barat, saat dihubungi innews dari Jakarta, Kamis (18/7/2019) siang.

Dukungan dari rekan-rekan notaris terus mengalir

Menurut Teh Nia–panggilan akrab Nia Tresnawati, selama ini sebagai Ketua Pengda INI Tasikmalaya, Nia rajin menjalin komunikasi dengan para penegak hukum, utamanya aparat kepolisian. Bahkan, tidak jarang Nia mengajak teman-temannya sesama notaris untuk beranjangasana menemui aparat penegak hukum.

“Dalam dialog dengan kepolisian saya sampaikan bahwa PP INI sudah ada MoU dengan Kepolisian RI. Hal ini kan perlu disosilisasikan. Dengan begitu, polisi bisa memahami tugas dan tanggung jawab notaris,” ujarnya.

Hal seperti itu, lanjut Nia, juga akan ia terapkan bilamana dipercaya memimpin Pengwil INI Jabar. Tidak itu saja, Nia sadar betul, pekerjaan notaris berpotensi kasus hukim. Karena itu, kelak dirinya juga siap jemput bola, turun ke pengda-pengda, baik untuk melakukan sosialisasi maupun mendengar persoalan yang terjadi di tiap-tiap pengda.

Nia Tresnawati siap mengabdi di organisasi INI

“Saya merasa melindungi anggota adalah tugas ketua. Dan, saya yakin dengan komunikasi yang terbuka dan lancar, apapun masalah yang terjadi akan dapat diatasi,” ucapnya.

Selain itu, bila kelak terpilih, Nia memastikan akan menempatkan orang yang tepat di bidang advokasi, the right man on the right place. “Betul, saya akan pilih orang yang capable dan mengerti betul hukum acara. Sehingga bila ada anggota yang terbentur masalah hukum, bisa langsung ditangani,” tukas Nia yang juga duduk sebagai Bendahara Umum Pengurus Pusat Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PP IPPAT) ini.

Perjuangan tak kenal lelah membela anggota

Hal lainnya yang juga bakal mendapat perhatian penting kedepan adalah membangun soliditas pengurus bersama anggota. “Saya akan kunjungi 25 pengda yang ada di Jabar. Selain itu, akan mengadakan pertemuan rutin antara pengwil dengan pengda-pengda,” imbuhnya.

Berorganisasi adalah panggilan jiwa Nia Tresnawati

Nia menegaskan, bila menjadi Ketua Pengwil INI, dirinya akan menerapkan jemput bola, bukan sekadar menunggu laporan dari bawah. “Namanya pimpinan harus mau turun ke bawah, mendengar keluhan dan aspirasi anggota, dan memperjuangkannya,” kata Nia.

Dirinya mengaku optimis maju dalam pencalonan Ketua Pengwil INI yang rencananya akan diadakan tahun ini juga. “Bismillah, saya siap. Saya mohon doa restu dari semua notaris serta dukungan,” pungkas Nia. (RN)