Jakarta, innews.co.id – Pertengahan Juli 2019 diharapkan DKI Jakarta sudah memiliki Wakil Gubernur yang baru menggantikan posisi Sandiaga Uno.

Hal ini disampaikan Mohamad Ongen Sangaji Ketua Panitia Khusus (Pansus) Pemilihan Wakil Gubernur DKI Jakarta kepada innews, usai rapat Pansus di Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (11/6/2019) siang.

“Kekosongan wagub kita harapkan sudah bisa terisi setidaknya pertengahan Juli 2019 ini. Kami sudah menyusun time schedule yang ketat,” kata Ongen.

Suasana rapat Pansus di Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (11/6/2019)

Menurutnya, saat ini Pansus akan bekerja marathon untuk merampungkan tata tertib dan tata cara pemilihan, termasuk membentuk panitia pemilih. Setelah rampung, akan dikonsultasikan ke Kemendagri.

Bicara tentang 2 nama yang sudah ada yakni Achmad Syaikhu dan Agung Yulianto yang diajukan oleh partai pengusung Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Gerindra, menurut Ongen, ya kita proses sesuai dengan tata cara yang ada.

Mengenai adanya penolakan, menurut Ongen, itu sifatnya individu. “Saya sudah tegaskan agar anggota Pansus tidak mengeluarkan pernyataan yang sifatnya menolak atau menyudutkan calon-calon yang telah diajukan,” ujar Ongen lagi.

Mengenai kemungkinan ada calon alternatif, Ongen enggan berkomentar jauh. “Kita lihat saja bagaimana perkembangan kedepan,” tandas Ketua Fraksi Partai Hanura DPRD DKI Jakarta ini.

Soal kemungkinan ada calon yang mundur karena terpilih sebagai anggota dewan (DPR RI) periode 2019-2024, Ongen menegaskan, Pansus sudah menyiapkan antisipasi.

“Jadi kalau salah satu calon menyatakan mundur, maka akan diatur mekanismenya, apakah ini bisa diparipurnakan atau dikembalikan lagi ke partai pengusung untuk mengajukan nama lain,” tukasnya.

Sebelumnya Kementerian Dalam Negeri mendesak DPRD DKI Jakarta untuk segera menuntaskan pemilihan wagub, setidaknya Agustus 2019 ini.

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri Akmal Manik menegaskan, “Yang harus dilakukan ke depan adalah segera membuat tata tertib pemilihan”.

Akmal mengingatkan masa jabatan DPRD DKI Jakarta periode 2014-2019 akan berakhir pada Oktober 2019 ini.

“Jadwal tahapan pemilihan wagub harus diperhitungkan secara matang agar tidak terlalu mepet dengan masa akhir jabatan anggota DPRD,” ujarnya.

Ongen berharap, kinerja Pansus bisa berjalan mulus. “Ini amanah. Kita sama-sama berharap bisa terpilih wagub sesuai dengan harapan kita semua. Ini menjadi karya terbaik saya untuk masyarakat DKI Jakarta,” imbuh Ongen. (RN)

Hosting Unlimited Indonesia