Ony Jafar Hafsah, Calon Ketum Kowani periode 2019-2024, siap mengabdi

Jakarta, innews.co.id – Sejatinya, Kongres Wanita Indonesia (Kowani) adalah Rumah Besar Kaum Perempuan Indonesia. Cita-cita ini menjadi kerinduan Ony Jafar Hafsah, SE., Calon Ketua Umum Kowani periode 2019-2024.

Hal itu dituangkan dalam rilis yang diterima innews, Senin (25/11/2019) pagi. Menurut Ony, ada banyak desakan dan dorongan dari organisasi anggota kepada dirinya untuk dapat membenahi Kowani dan mengimplementasikan Rumah Besar Kowani atau Rumah Peradaban kaum perempuan menjadikan Kowani lebih besar, lebih kuat, disegani dan memberi manfaat serta berkah kepada organisasi anggota, kepada kaum peremuan, kepada masyarakat dan kepada bangsa dan Negara Indonesia.

Ony menjelaskan, “Kami sudah mengadakan pertemuan dengan Ketua Umum organisasi wanita anggota Kowani, kami menerima banyak masukan, aspirasi maupun keluhan dari organisasi anggota mengenai pelaksanaan program Kowani yang masih belum melibatkan banyak organisasi anggota sehingga organisasi anggota merasa belum banyak mendapatkan manfaat menjadi salah satu anggota Federasi Kowani”.

Bila terpilih, Ony memastikan bahwa kedepan akan meningkatkan koordinasi, melibatkan seluruh anggota bersama melaksanakan program Kowani. Saat ini, Ony mengklaim sudah lebih dari 60 persen organisasi anggota Kowani mendukungnya.

Kiprah Ony sendiri telah 17 tahun di Kowani, tepatnya sejak 2002 dan menjabat Ketua Kowani sudah 2 periode terakhir (2009-2014 dan 2014-2019). Menjadi ketua di event bergengsi ‘Kowani Fair’ 2 kali berturut-turut menjadi sinyal bahwa sosok Ony begitu penting di payung organisasi yang didalamnya terdapat 91 organisasi perempuan dan berdiri sejak 22 Desember 1928 di Yogyakarta.

Sementara Onny sendiri dikenal sebagai sosok organisatoris ulung. Sejak muda, ia telah aktif di berbagai organisasi diantaranya, Ketua PSM/ Pekerja Sosial Masyarakat (2017-2022), Dewan Pembina IPEMI/Ikatan Wanita Muslim Indonesia (2016-2020), Penasehat Pengurus Pusat Ikatan Wanita Sulawesi Selatan/IWSS (2014-2019), Pengurus GPTP/Gerakan Perempuan Tanam Pohon (2010-2014), Ketua Persaudaraan Istri Anggota DPR-RI (2010-2012), Ketua Dharma Wanita Dirjen Produksi Tanaman Pangan (1997-2000), Ketua Dharma Wanita Badan Ketahanan Pangan Dep. Pertanian RI (2002-2005). Ony juga dikenal sebagai seorang pengusaha di berbagai bidang dan Founder & Owner Labello Boutique.

Istri dari Dr. Ir. Mohammad Jafar Hafsah. IPM., mantan Dirjen Tanaman Pangan, Wakil Ketua Komisi IV, Ketua Fraksi PD DPR-RI, Ketua Fraksi PD MPR-RI dan Ketua Pengkajian Konstitusi MPR-RI yang juga Sekjend ICMI Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia ini meyakini, “Kiprahnya di Kowani selama ini membuat ia hafal betul seluk beluknya dan apa saja kendala-kendala yang dihadapi dan hubungan antara Kowani dengan anggota Kowani saat ini.

Ibu dari Farahdibha Tenrilemba Jafar, Co-founder AIMI, Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia ini optimis dapat terpilih menjadi Ketua Umum Kowani periode 2019–2024. Tentu saja restu dan dukungan dari seluruh pihak akan membuat niatannya menjadi nyata. (RN)