Jakarta, innews.co.id – Pembauran menjadi kata kunci dalam menjadikan Ikatan Notaris Indonesia (INI) sebuah organisasi yang kuat, tidak saja ke dalam, tapi juga keluar. Untuk itu dibutuhkan sosok pemimpin yang benar-benar mampu meleburkan semua kekuatan INI, bukan yang justru membangun geng-geng untuk kepentingan kelompoknya saja.

Penegasan ini disampaikan Otty Hari Chandra Ubayani, SH., Sp.N., MH., salah satu calon Ketua Umum INI saat ditemui di kantornya di Jakarta, Jumat (22/3/2019).

Otty H.C. Ubayani, menyerahkan semua pada kehendak Sang Pencipta

Menurut Otty, INI juga harus BERSIH yang juga singkatan dari Bermartabat, Etika, Rumah bersama, Sinergi, Integritas, dan Harmoni.

Misi seperti ini dalam kacamata Otty sudah banyak ditinggalkan, terutama oleh pengurus yang ada.

“Seorang notaris harus beretika dan bermartabat. Selain itu, INI harus jadi milik semua, bukan hanya satu kelompok saja, seperti yang banyak dikeluhkan anggota sekarang ini,” tambah Otty seraya mengatakan, sekarang kalau tidak mau geng yang kuat, maka cenderung akan disisihkan.

Otty Ubayani utamakan cinta bagi sesama

Demikian juga, harus dibangun sinergi dengan berbagai pihak yang terkait dengan tugas dan jabatan notaris. “Perlu dibuat SOP khusus notaris (Standar Operasional Prosedur) yang selama ini belum ada,” ujarnya.

Lebih jauh Otty mengatakan, seorang pemimpin garus memikirkan kesejahteraan anggota.

Otty Hari Chandra Ubayani ajak semua anggota INI untuk lakukan perubahan

Salah satu yang akan ia lakukan bilamana terpilih adalah merubah fidusia yang selama tersentralisasi di kota-kota besar, bisa juga dijalankan oleh notaris-notaris di daerah. Dengan begitu, para notaris akan semakin eksis dan menambah penghasilan.

Menjalankan fidusia di daerah sangat memungkinkan.

Selain visi-misi, Otty juga membawa 9 program. Salah satunya mengembalikan peran notaris sebagai pejabat umum. “Sekarang notaris seperti sudah disamakan sebagai pengusaha. Padahal, kita ini pejabat notaris,” urainya.

Otty Ubayani gulirkan misi mulia

Program lainnya, mengembangkan cyber notary, di mana berbagai hal berkaitan dengan kenotariatan ada dalam genggaman. Itu sebagai implementasi dari revolusi industri 4.0.

Juga bagaimana INI bisa membangun kerjasama dengan lembaga-lembaga akademik. Dengan begitu, maka notaris-notaris yang dihasilkan memiliki kemampuan mumpuni.

Hal lain yang akan Otty lakukan bila terpilih adalah melakukan penyempurnaan peraturan-peraturan terkait tata kelola organisasi, sistem administrasi, dan keanggotaan.

Bukti cinta Otty dan sahabat-sahabatnya

Ke depan, Kepengurusan INI dibawah kepemimpinan Otty, akan memberi perhatian kepada para notaris yang sudah pensiun. “Kita harus peduli dengan para notaris yang sudah wredha. Karena kita ini adalah keluarga besar,” tandasnya.

Selain itu, penting Pengurus Pusat memperhatikan pembangunan kantor-kantor INI, baik di tingkat wilayah maupun daerah. Itu bisa diambil dari CSR INI.

Otty Ubayani siap mengabdi bagi INI

Melakukan pengayoman yang tuntas dan lugas kepada segenap anggota. Jadi, bagi notaris yang tersangkut hukum karena tugasnya, maka akan diberikan pendampingan.

Berbagi cinta untuk anggota menjadi perhatian serius Otty. Utamanya memang untuk anggota. “Boleh-boleh saja kita mengadakan seminar internasional, tapi jangan membebankan notaris-notaris di daerah,” kata Otty.

Yang tak kalah menariknya adalah soal pengawasan. “Selama ini banyak terbersit informasi ada oknum-oknum notaris yang ‘bermain’ soal pindah-pindah wilayah kerja yang dikenakan biaya. Itu juga sampai ke telinga saya dan miris sekali kita mendengarnya,” imbuh Otty seraya mengatakan, karena itu penting sekali ada pengawas.

Otty harapkan Kongres INI berjalan dengan penuh kejujuran

“Jangan mentang-mentang duduk di kepengurusan jadi aji mumpung memanfaatkan dan memeras anggota. Itu harus ditertibkan. Jadi akan dibuat help desk sebagai tempat melapor bila ada pelanggaran-pelanggaran. Help desk itu nanti akan dikomunikasikan langsung ke ketua umum,” paparnya.

Diakuinya, oknum-oknum yang memeras anggota dengan memasang tarif tinggi bagi notaris-notaris yang ingin pindah wilayah. Ini sangat memalukan.

Otty siapkan strategi khusus memenangkan pertarungan di Kongres INI

Intinya, Otty Ubayani bila terpilih nanti akan siap melakukan ‘bersih-bersih’ di tubuh INI. Baginya, semua anggota INI harus berbaur. Pengurus pun demikian, bukan malah bikin geng-geng yang tidak jelas. (RN)