Otty Hari Chandra Ubayani, SH., Sp.N., MH., saat diwawancarai innews di Sekretariat YKCHI, Kinanti Building, Epicentrum Kuningan, Jakarta, Sabtu (2/11/2019) siang

Jakarta, innews.co.id – Kehadiran Yayasan Komunitas Cendekiawan Hukum Indonesia (YKCHI) merupakan jawaban dari kegelisahan sejumlah praktisi hukum melihat kondisi sumber daya manusia (SDM) yang ada sekarang ini. Karena itu, pembentukan wadah ini dinilai tepat guna mempersiapkan insan-insan hukum yang capable, berwawasan luas, serta mampu membuat terobosan-terobosan.

Hal ini dikatakan Otty Hari Chandra Ubayani, SH., Sp.N., MH., Pendiri sekaligus Ketua Umum YKCHI kepada innews saat ditemui di acara Peresmian Sekretariat YKCHI di Kinanti Building, Epicentrum, Jakarta, Sabtu (2/11/2019).

Para peserta pelatihan yang diadakan YKCHI di Kinanti Building, Jakarta, Sabtu (2/11/2019)

Menurut Otty, secara rutin YKCHI akan mengadakan pelatihan-pelatihan di bidang hukum. Tidak seperti pelatihan lain pada umumnya, YKCHI memberikan ilmu didasarkan para praktek di lapangan serta inovasi-inovasi yang mendorong seseorang mampu berinovasi di bidangnya.

Selain itu, YKCHI juga membuat terobosan dengan menjalin kemitraan dengan Kedutaan-Kedutaan Besar Indonesia yang ada di beberapa negara sahabat. Dalam hal ini YKCHI juga berencana menyampaikan peluang-peluang investasi di Indonesia.

Para pengurus YKCHI bersama salah satu narasumber

“Kami akan bekerja sama dengan Kedutaan Besar Indonesia di luar negeri, dalam hal membantu para investor Indonesia yang berkeinginan investasi di luar negeri atau sebaliknya,” kata Otty lugas.

Banyak pihak menilai langkah YKCHI merupakan terobosan brilian lantaran banyak investor luar negeri kesulitan memahami hukum investasi yang berlaku di Indonesia. “Jadi, kami akan menjadi semacam konsultan hukum bagi para investor. Begitu juga untuk investor Indonesia yang mau berinvestasi di luar negeri,” tambah wanita cantik yang juga dipercaya sebagai Ketua Umum IKANOT Universitas Diponegoro (Undip) ini.

Pihak YKCHI akan menawarkan paket khusus yang menarik bagi para calon investor. Dengan begitu, kata Otty, diharapkan akan semakin banyak investor yang masuk ke Indonesia.

Spirit kuat YKCHI dalam penciptaan SDM Unggul dan investasi di Indonesia

Berbagai program YKCHI diselaraskan dengan visi Presiden Joko Widodo yakni penciptaan SDM Unggul dan mendorong investasi di Indonesia.

Bagi Otty, seseorang bisa unggul harus mau meng-upgrade kemampuan dirinya. “Kalau kita merasa sudah hebat dengan ilmu yang dimiliki ibarat berjalan dengan kacamata kuda. Harusnya ditengah kemajuan zaman, setiap orang mau terus belajar meningkatkan kualitas diri,” kata Otty yang juga pemilik OH Boutique ini.

Pembukaan pelatihan yang diadakan oleh YKCHI dilakukan oleh Otty Hari Chandra Ubayani dengan pemukulan gong

Padahal, sekarang ini sudah banyak pekerjaan yang digantikan oleh mesin. Itu sejalan dengan revolusi industri 4.0, bahkan sekarang sudah mau masuk 5.0.

“YKCHI berupaya mendukung program pemerintah dalam hal SDM Unggul. Kita harus terus membenahi kemampuan diri. Banyak keluhan soal bagaimana orang Indonesia bekerja yang kebanyakan istirahatnya. Pola-pola seperti ini harus dibenahi. Caranya, melalui pelatihan dan pemberian motivasi. Dan, YKCHI concern terhadap hal tersebut,” imbuh Otty.

Otty Ubayani terbeban ciptakan SDM Unggul dan terciptanya berbagai terobosan dalam dunia kerja

Harapannya, insan-insan yang ‘berguru’ di YKCHI akan menjadi pribadi-pribadi yang bermental dan berkarakter kuat serta mampu berinovasi, sehingga dalam kondisi apapun, spirit kerja tidak menjadi lemah. Sebab, kerja itu adalah ibadah. (RN)