Nikson yang didampingi oleh Kapolres Taput AKBP Horas Marasi Silaen MPsi., Dandim 0210/TU Letkol Czi Roni Agus Widodo, didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Taput Drs. Indra Simaremare MSi

Tarutung, innews.co.id – Masyarakat jangan disajikan informasi yang membingungkan terkait penyebaran virus corona. Melainkan berikan informasi yang mengedukasi.

Penegasan ini disampaikan Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan MSi., dalam jumpa pers mengenai langkah-langkah yang telah diambil dan informasi yang harus disampaikan kepada masyarakat dalam pencegahan penyebaran Covid-19, di Balai Data Kantor Bupati Tapanuli Utara, Tarutung, Sumatera Utara, Kamis (26/3/2020).

Nikson menjelaskan, langkah-langkah strategis telah dilakukan pihaknya bersama Forkompinda. Terbukti, hingga kini, belum ada yang positif Covid-19 di Tapanuli Utara. “Mudah-mudahan seterusnya tidak ada. Itu harapan kita bersama. Segala upaya telah dilakukan dan akan terus kita lakukan. Kita bersama-sama menghambat penyebaran corona. Tolong kita kawal bersama. Kita awasi bersama,” seru Nikson yang didampingi oleh Kapolres Taput AKBP Horas Marasi Silaen MPsi., Dandim 0210/TU Letkol Czi Roni Agus Widodo, didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Taput Drs. Indra Simaremare MSi.

Nikson juga menegaskan bahwa razia-razia terus dilakukan. Tetap hindari keramaian dan tetaplah di rumah untuk kebaikan kita bersama.

Sementara itu, Letkol Czi Roni Agus Widodo mengatakan bahwa Indonesia berada pada masa masa kritis. “Kita harus belajar dari China yang telah cukup berhasil menangani corona,” ujarnya. Dia juga mengajak para wartawan untuk memberitakan informasi yang riil agar tidak menimbulkan kebingungan ditengah masayarakat.

Pada kesempatan itu, Kapolres Taput AKBP Horas Marasi Silaen MPsi., mengatakan, Polres dengan tegas menjalankan maklumat Kapolri, termasuk soal razia.

“Kami tidak main-main dalam penanganan Covid-19. Bantu kami, TNI/Polri dalam menanganinya. Saya tidak mau Taput kena virus corona. Bila ada yang melanggar maklumat Kapolri, kami akan tindak tegas siapa pun orangnya. Saya tidak ada kepentingan apa pun, tapi untuk kepentingan masyarakat Taput,” tandasnya.

Lebih jauh Bupati Taput menyampaikan bahwa Pemkab Taput menerima bantuan dari beberapa kelompok yang peduli pencegahan Covid-19 diantaranya, Komunitas Taput Harus Hebat (THH) dan Dongan Rura Silindung (DRS) ‘82 di Jakarta, Alumni SMA Negeri Tarutung tahun 1999, CV Tapanuli Safety, Management, produser, dan artis Batak di Channel YouTube ‘Talenta Projects’, Akademi Perawat Tapanuli Utara Sabungan Parapat, dan lainnya.

Pemkab Taput sangat mengharapkan partisipasi seluruh masyarakat Tapanuli Utara dan perantau dalam memberi sumbangsih dalam upaya pencegahan cirus corona, baik dalam bentuk barang maupun dana ke Rekening Bank Sumut 32002040176400 a.n. Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. (RN)