Parsaulian Tambunan, konsisten berjuang

Bekasi, innews.co.id – Salah satu faktor yang mendorong kemajuan suatu daerah adalah kulitas pendidikan yang baik. Dengan pendidikan yang baik, maka generasi yang dihasilkan pun akan mampu bersaing dan memberi nilai tambah bagi kemajuan daerahnya.

Tidak heran, ini yang menjadi concern perjuangan Dr (c) Drs. Parsaulian Tambunan, M.Pd., dalam langkahnya menjadi anggota legislatif di tingkat Provinsi Sumatera Utara pada Pemilu Legislatif 2019 mendatang.

Di kantornya di bilangan Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (4/8), Parsaulian menilai, kalau pendidikan di Tapanuli bagian Selatan baik, maka akan mendongkrak kemajuan daerah.

“Wilayah Tapanuli bagian Selatan identik dengan daerah pertanian. Di Indonesia, daerah pertanian kerap diidentikkan dengan daerah yang miskin. Untuk itu, maka pembenahan kualitas pendidikan dan pembukaan lapangan kerja yang seluas-luasnya harus dilakukan,” urainya.

Saat ini, dalam kacamata Parsaulian, pendidikan di Tapanuli bagian Selatan masih jauh tertinggal, bahkan dari tetangganya Tapanuli bagian Utara. Indeks prestasi pendidikan di Tapanuli bagian Selatan berada di level bawah.

Karena itu, bila dirinya dipercaya menjadi anggota legislatif, maka itu hal utama yang akan diperjuangkan. Bagaimana meningkatkan indeks prestasi pendidikan di Tapanuli bagian Selatan. Padahal, dulunya, Tapanuli bagian Selatan dikenal sebagai salah satu gudangnya orang cerdas.

Parsaulian mencontohkan, membangun jejaring dengan berbagai pihak merupakan keniscayaan untuk mendorong kemajuan. Juga melakukan pola pembinaan, baik itu para guru maupun pengelola sekolah. Selain itu, mendorong pemerintah lebih memperhatikan sekolah-sekolah kejuruan.

Hal lainnya adalah bagaimana membuka lapangan kerja sebesar-besarnya. Hal ini tentu berdampak pada dibukanya berbagai usaha yang mampu menyerap tenaga kerja. Salah satunya adalah pembenahan infrastruktur dan memodernkan pertanian, melalui pengadaan peralatan, benih, irigasi, dan sebagainya yang akan menjadikan hasil pertanian akan meningkat.  

“Kita akan merubah pertanian tradisional menjadi berbasis industri pertanian. Dengan begitu, ada pemanfaatan teknologi yang mumpuni dan mendorong pembenahan dari hilir ke hulu. Yang ada sekarang, harusnya di suatu wilayah bisa menghasilkan sayur-mayur, malah mengimpor dari daerah lain,” imbuhnya.

Banyak hal yang akan dikerjakan Parsaulian Tambunan tatkala dirinya duduk sebagai anggota legislatif tingkat Provinsi Sumatera Utara.

Kini, ia tengah merentas perjuangan lewat daerah pemilihan Sumut VII yang meliputi Tapanuli Selatan, Madina, Padang Sidempuan, Padang Lawas Utara, dan Padang Lawas Selatan.  

Dengan motto “Tabagsel menjadi bermartabat”, Parsaulian rindu menjadikan generasi di Tabagsel menjadi insan yang unggul dan berkarakter. Ide cemerlang yang ia gulirkan dalam kaitan membangun daerah lewat pendidikan dan pembukaan lapangan pekerjaan patut didukung. (RN)