Deputi bidang Pengembangan SDM Rulli Nuryanto didampingi Kepala Dinas Koperasi dan UKM I Gede Indra Dewa Putra menyematkan tanda peserta pelatihan Perkoperasian bagi Komunitas pekerja film di Denpasar Bali. (27/05/2019)

Bali, innews.co.id – Tidak lama lagi bakal berdiri koperasi bagi para insan perfilman di Tanah Air. Ini sebagai buah pelatihan yang diadakan Kemenkop dan UKM.

Menurut Rulli Nuryanto Deputi Bidang Sumber Daya Manusia Kementerian Koperasi dan UKM, pihaknya memfasilitasi pelatihan koperasi karena melihat ketertarikan pekerja film terkait koperasi. Pelatihan yang sudah dilaksanakan di Cilacap, Medan, Padang, Solo, dan Bali.  

“Setelah pelatihan dilaksanakan ada ketertarikan dan semangat dari komunitas perfilman untuk mendirikan koperasi. Mereka menilai bahwa koperasi sebagai wadah untuk berkembang dan menjalankan usaha secara bersama-sama,” kata Rulli usai membuka Pelatihan Perkoperasian Bagi Aparatur Pembina Koperasi Daerah, Pendamping dan Pekerja Film di Denpasar, Bali, Senin (27/5/2019).

Ia menegaskan pemerintah tidak membujuk-bujuk mereka mendirikan koperasi, namun memberikan pemahaman bahwa koperasi menjadi tempat untuk tumbuh dan berkembang bersama dalam menjalankan berbagai usaha. Koperasi, tegasnya merupakan wadah yang mendorong kemandirian bagi para anggotanya dan memberikan keadilan karena ada prinsip one man one vote

“Koperasi menempatkan manusia, dalam hal ini anggota, lebih tinggi dari modal. Ini kekuatan koperasi,” tegas Rulli.  

Sementara itu, Maria Ekaristi dari komunitas film di Bali mengatakan mereka sangat antusias untuk membentuk koperasi di Bali. Ia menyadari  bahwa koperasi memiliki usaha yang dijalankan bersama oleh semua pekerja film.  

“Para pekerja film yang tergabung dalam berbagai Production House (PH) akan kita ajak untuk menjadi anggota koperasi,” kata Maria. (RN)