Jumpa Pers

Jakarta, innews.co.id – Para pelaku usaha, khususnya usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) kini semakin dimanjakan dengan kehadiran motor bisnis (Mobnis) yang merupakan hasil inovasi dari PT Rajawali Indonesia Sejahtera (TRIS).

Mobis merupakan motor roda tiga serbaguna yang dapat digunakan untuk toko, resto, kafe, dan iklan berjalan yang sangat efisien dan efektif.

Menurut Komisaris Utama TRIS, Indra Hendriyadi, Mobis yang dikemas merupakan terobosan solusi untuk UKM zaman now. Menurut dia, Mobis ini memiliki tiga kelebihan utama untuk UMKM.

Pertama, efektif meningkatkan omset UMKM, karena dapat mobile berjualan ke beberapa lokasi, sehingga meningkatkan omset ketimbang hanya diam di satu lokasi.

Kedua, Mobis ini amat efisien, karena biaya operasionalnya sangat murah dan dapat menempuh jarak 26 kilometer hanya dengan 1 liter bensin.

Ketiga, Mobis sangat aman, jika dibandingkan dengan UMKM kaki lima yang mudah terkena penertiban atau kadang menggangu lalu lintas. “Mobis dapat berpindah tempat dan UKM dapat berdagang secara aman dan tertib,” papar Indra pada peluncuran program tersebut di Jakarta, beberapa hari lalu.

Pada kesempatan itu juga dilakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) TRIS dengan kalangan UMKM yang tergabung dalam Hipmikindo. Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno, yang berhalangan hadir diwakili utusan dari Pemprov DKI.

Teja Hartono, Komisaris PT TRIS, menambahkan, bisnis yang digeluti pihaknya bukan sekadar penjualan motor. Lebih dari itu, para pelaku UMKM juga akan dibimbing bahkan dibantu dalam hal permodalan. Hal ini sebuah terobosan baru dari perusahaan.

“Ini skema bisnis yang berbeda. Ini bukan hanya orientasi bisnis, namun lebih ke sosial bisnis. Kita tidak berdiri sendiri, tetapi bersanding bersama UMKM untuk membangun bangsa,” jelasnya. Pihaknya menargetkan dalam satu tahun ini sebanyak 100 ribu pelaku UMKM bergabung menjalankan bisnis jualan keliling menggunakan Mobis.

“Syarat mendaftar cukup KTP sama NPWP. Nanti akan kami lakukan wawancara. Jika lolos, kami akan ajukan ke pihak bank untuk sisi permodalan termasuk kredit mobil bisnis ini,” ungkap Teja.

Ada pun Mobis ini menggunakan kendaraan TVS roda tiga, yang berharga di kisaran Rp75 juta hingga Rp100 juta. (RN)