Dr. John N. Palinggi, MBA., pengamat politik dan sosial kemasyarakatan di Jakarta

Jakarta, innews.co.id – Para anggota DPR RI yang baru dilantik pada 1 Oktober 2019 lalu, telah disumpah agar bekerja untuk mengabdi melayani rakyat, bukan memperkaya diri sendiri. Ini harus dipahami oleh seluruh anggota dewan, sehingga kinerja yang ditampilkan muaranya untuk peningkatan kesejahteraan rakyat.

Penegasan ini dikatakan pengamat politik dan sosial kemasyarakatan DR. John N. Palinggi, MBA., MM., di ruang kerjanya, Kamis (2/10/2019) lalu. Dengan begitu, jangan ada lagi anggota dewan yang main-main dalam bekerja. Tugas dan tanggung jawabnya begitu besar.

“Secara pribadi saya ucapkan selamat kepada para anggota dewan yang baru dilantik dengan harapan jangan sampai membiarkan rakyat menangis, sementara mereka (anggota dewan) berbahagia dan tertawa-tawa atau sebaliknya anggota dewan menangis karena ditangkap KPK,” kata John.

Harus diingat para anggota dewan bahwa setiap perbuatan tidak baik yang dilakukan semasa masa jabatannya, tidak baik bagi keturunannya. “Takutlah kepada Allah. Karena sumpah dan janji yang diucapkan menghubungkan kita pada Sang Pencipta. Bekerjalah dengan penuh kejujuran,” imbuh John.

John menambahkan, berjuanglah untuk bisa menghasilkan hal-hal yang bisa membahagiakan rakyat. Jangan seperti yang lalu-lalu, hanya penuh kehebohan dan dihuni oleh beberapa koruptor. Kalau itu terjadi lagi, bukan tidak mungkin terjadi pergolakan yang besar di bangsa ini.

“Gunakan hati dan pikiran yang bersih dan milikilah integritas yang baik. Jadilah pengawas yang punya nurani, bukan asal mengawasi,” tukasnya.

Dalam hubungan dengan pemerintah, John menilai bahwa harus dipahami bahwa tidak ada koalisi yang permanen. Karena koalisi permanen bisa memandulkan kepentingan rakyat. DPR, kata John, harus bisa bekerjasama dengan pemerintah. Jangan sampai pemerintah seolah-olah harus memohon-mohon pada DPR, padahal itu untuk kepentingan rakyat banyak. “DPR bukan birokrasi baru bagi pemerintah. Perbaiki sistem penganggaran yang benar-benar harus berangkat dari bawah,” cetusnya.

John berkeyakinan DPR yang baru dilantik akan dapat bekerja dengan baik untuk kepentingan rakyat yang nyata. (RN)