Jakarta, innews.co.id – Generasi bangsa yang sehat, kuat, gesit, berani, dan unggul menjadi dambaan semua pihak. Dengan generasi yang sehat, maka bangsa pun menjadi kuat.

Guna mengejawantahkan hal tersebut dipandang penting secara aktif memberi sosialisasi kepada masyarakat. Berbekal pengetahuan yang cukup, maka para orangtua maupun masyarakat akan terlibat langsung dalam mencetak generasi yang berdaya saing tinggi.

DR. Dr. Lucy Widasari, tengah memberi pemaparan kepada masyarakat di Desa Binaan UPN Veteran Jakarta, Minggu (28/4/2019)

Seperti yang dilakukan sejumlah perguruan tinggi yang tergabung dalam Asian Medical Students Association (AMSA), organisasi yang mewakili mahasiswa kedokteran di Asia, Asia Pasifik, dan sekitarnya.

Fakultas Kedokteran UPN Veteran Jakarta menyelenggarakan Even Of The Year (EOTY) 2019 di Desa Binaan Fakultas Kedokteran UPN Veteran Jakarta di Kelurahan Cisalak Pasar, Depok, Jawa Barat, Minggu (28/4/2019).

Para pengajar dan mahasiswa UPN Veteran Jakarta bersama masyarakat di Desa Binaan

Tema yang diusung pada acara tersebut adalah SUPER HEROES, “Stay Powerful, Eat Healthy, Be Heroes” yang membahas tentang gizi seimbang bagi anak usia 5-8 tahun.

Tampil sebagai narasumber salah satu dosen Fakultas Kedokteran UPN “Veteran” Jakarta, DR. Dr. Lucy Widasari, MSi.

UPN Veteran Jakarta gencar sosialisasi pemberian gizi seimbang

Dalam paparannya, DR. Lucy menjelaskan kepada masyarakat tentang apa yang dimaksud dengan gizi seimbang, bagaimana prinsip dan praktik pemberian gizi seimbang guna membentuk anak yang sehat, kuat, gesit, berani dan unggul dambaan seluruh orangtua dan keluarga.

Lebih dari itu, guna membangun negara dibutuhkan generasi yang unggul. “Tidak mungkin negara kuat kalau generasi mudanya tidak sehat,” kata DR. Lucy.

DR. Dr. Lucy Widasari, MSi., menjelaskan detail kepada masyarakat

Selain penyuluhan, seluruh mahasiswa mahasiswi Fakultas Kedokteran UPN Veteran Jakarta yang tergabung dalam AMSA juga melakukan pemeriksaan antropometri (pengukuran tinggi dan berat badan) pada anak, pemeriksaan tekanan darah dan gula darah bagi warga Cisalak Pasar serta konsultasi kesehatan oleh DR. Dr. Lucy Widasari, MSi.

Acara ini didukung oleh Dekan Fakultas Kedokteran UPN “Veteran” Jakarta, DR. Dr. Prijo Sidipratomo, SpRad (K)., MH dan Wakil Dekan III bidang kemahasiswaan dan kerjasama FK UPN Veteran Jakarta, Drs. Lomo Mulatua, MM.

Memberikan penyuluhan dan sosialisasi kepada masyarakat luas

Salah satu tujuan AMSA adalah bersama membagi pengalaman dalam memecahkan masalah-masalah di bidang kesehatan serta peduli terhadap komunitas yang ada di sekitarnya dengan melakukan kegiatan yang bermanfaat dan dapat memajukan kualitas kehidupan masyarakat sekitar.

Sosialisasi gizi seimbang dan acara bakti sosial ini merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh Fakultas Kedokteran UPN Veteran Jakarta dibawah kepemimpinan Widya Pratiwi selaku Ketua AMSA Fakultas Kedokteran UPN Veteran Jakarta. Even Of The Year (EOTY) 2019 ini juga dilakukan oleh 34 universitas yang memiliki organisasi AMSA di Indonesia. (RN)