Jakarta, innews.co.id – Perayaan Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2018 akan diisi dengan penulisan Surat Cinta dari generasi milenial kepada Tanah Air.

Acara ini digagas oleh PDI-Perjuangan. Seperti disampaikan Sukur Nababan Ketua DPP PDI-P dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa (23/10).

Surat cinta merupakan tulisan tangan yang dikirim ke Kantor DPP PDI-P. Selanjutnya akan diseleksi dan tulisan terpilih akan dibukukan.

Menurut Sukur, ini merupakan ide dari Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri.

“Ini konsep dari Ibu Mega sendiri yang melihat ada hal yang hilang dari anak muda kita saat ini dengan era media sosial yaitu bagaimana cara menyampaikan ide atau gagasan atau kritik sekalipun secara bermartabat,” kata Sukur Nababan yang juga bertindak sebagai Penanggungjawab HUT Sumpah Pemuda.

Peserta yang bisa mengikuti lomba ini adalah pelajar dan mahasiswa dari seluruh Indonesia.

Mengusung tema “Satu Indonesia Kita” sebagai peringatan Sumpah Pemuda, pihaknya ingin mengajak anak muda Indonesia untuk berkomitmen memberi kontribusi positif bagi pembangunan nasional.

“Selama ini anak muda cuma jadi alat politik, tetapi kami mengajak anak muda Indonesia untuk aktif ambil bagian. Kita terutama mengharapkan anak muda upayakan persatuan dan kesatuan dari ancaman perpecahan,” sambung Sukur.

Selain menggelar lomba menulis surat cinta tanah air, rangkaian acara lain yang diusung DPP PDIP adalah menggelar dialog nasional pemuda pada tanggal 27 Oktober 2018, Talkshow khusus tentang Startup, dan puncak acara pada tanggal 28 Oktober dengan menggelar konser musik anak muda yang rencana akan digelar di JIEXPO Kemayoran. (RN)