Mereka sudah berpisah

Jakarta, innews.co.id – Proses penetapan calon Wakil Gubernur DKI Jakarta terus bergulir. Saat ini sudah ada 6 calon yang diusung oleh PKS dan Gerindra. Pihak DPRD DKI siap memproses calon-calon yang diusulkan kedua parpol pengusung ini.

Keenam cawagub yang diajukan tersebut masing-masing 2 dari PKS yakni, mantan Wakil Wali Kota Bekasi yang kini sudah duduk sebagai Anggota DPR RI Ahmad Syaikhu dan Sekretaris Umum Dewan Pimpinan Wilayah PKS DKI Jakarta Agung Yulianto.

Sementara 4 orang dari Gerindra yaitu, Dewan Penasihat Gerindra Arnes Lukman, Wakil Ketua Umum DPP Gerindra Ferry J Juliantono, Ketua DPP Partai Gerindra Ahmad Riza Patria, dan Sekda DKI Jakarta Saefullah.

Menurut Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Zita Anjani, kedua parpol pengusung harus menyepakati dulu siapa yang diajukan.

“Kesepakatan partai pengusung perlu bulat dulu. Siapa saja yang didaftarkan di Pansus,” ujar Zita, Minggu (10/11/2019). Kalau sudah (disepakati menjadi dua), baru dipilih sesuai tata tertib. Kalau sekarang, kan semuanya masih usulan masing-masing, belum ada yang resmi terdaftar,” jelas Zita.

Zita memastikan akan berkonsultasi dengan pimpinan DPRD lainnya mengenai kelanjutan tata tertib pemilihan wakil gubernur.

Diakuinya, saat ini, pihaknya sedang fokus menyelesaikan pembahasan rancangan APBD DKI 2020 sampai akhir November. “(Pembahasan wagub) segera setelah agenda pembahasan RAPBD 2020 selesai,” tandasnya.

Dia menambahkan, kalau dari periode yang lama, pansus sudah bikin tatib yang sesuai dengan arahan Kemendagri. Apakah itu dilanjutkan, atau tatib baru lagi. Yang jelas, pansusnya kan baru. DPRD yang lama sudah bekerja sampai finalisasi tatib. (RN)