Yogyakarta, innews.co.id – Rapat Pleno yang Diperluas Ikatan Notaris Indonesia (INI) dibuka secara resmi oleh Ketua Umum Pengurus Pusat INI Yualita Widyadhari SH, M.Kn., di Hotel The Alana, Yogyakarta, Jumat (19/10).

Sekitar 800-an notaris dari seluruh Indonesia memenuhi ruangan saat pembukaan.

Acara didahului dengan sambutan dari Ketua Dewan Kehormatan Pusat INI Arry Suprapno, SH., MH.

Dalam sambutannya, Yualita Widyadhari, menjelaskan bahwa awalnya agenda hanya Rapat Pleno untuk membahas persiapan Kongres ke-23 INI di Makassar, tahun depan.

Namun, banyaknya permintaan dari para notaris, akhirnya diputuskan untuk mengadakan upgrading.

Disampaikan pula sejauh ini INI telah dua kali membantu korban gempa di Palu dan Donggaa, Sulawesi Selatan, lewat Pengurus Wilayah Sulsel. Total dana yang berhasil dikumpulkan oleh para anggota INI Rp515 juta.

Lebih jauh Yualita mengatakan, tema yang diangkat Kemudahan Berusaha (EODB) Dalam Meningkatkan Pelayanan Kepada Masyarakat Guna Menjamin Kepastian Hukum.

Berbagai acara menarik disajikan dalam PraKongres yakni, Bimbingan Teknis dan Sosialisasi Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik atau Online Single Submission (OSS), Sosialisasi Standarisasi Akta Perbankan Syariah, Update Peraturan Terbaru dari Kementerian Hukum dan HAM dan Kementerian Lainnya. (RN)