Jakarta, innews.co.id – Bincang-bincang politik tidak melulu harus formil atau berada di suatu ruangan khusus. Duduk lesehan sambil ngeliwet pun orang bisa bicara politik.

Dan, politisi sejati bukan saja selalu berjuang untuk rakyat, tapi juga mau menjadi pendengar yang setia bagi beragam curhat masyarakat.

Debora Debby Wage, bertekad perjuangkan aspirasi masyarakat

Hal ini pula yang dijalankan Debora Debby Wage, calon legislatif Partai Perindo daerah pemilihan Jabar 3 yang meliputi Kota Bogor dan Kabupaten Cianjur nomor urut 1 ini.

Saat ditemui di sela-sela kesibukannya, di Jakarta, Kamis (31/1/2019), Debby–sapaan akrab wanita cantik yang low profile, murah senyum, dan friendly ini banyak berkisah tentang napak tilasnya ke sejumlah tempat di Cianjur dan Bogor.

“Saya banyak menemui warga dan mendengarkan semua keluhan mereka. Seperti di Cianjur, saya lihat masalah utama adalah infrastruktur yang kurang mendukung. Akibatnya, banyak petani di sana kesulitan dalam membawa hasil-hasil pertaniannya untuk dipasarkan,” terang Debby.

Debora Debby Wage sambangi warga dan sampaikan program serta visi-misi

Ke depan, bila terpilih, tentu ini akan menjadi bagian dari perjuangan Debby. “Kita harus mampu memperbaiki infrastruktur di Cianjur, baik jalan, pengairan, dan sebagainya. Selain itu, masalah tengkulak yang sepertinya masih menjadi andalan petani di sana untuk menjual hasil sawahnya pun harus diberantas. Karena faktanya, petani di sana tidak sejahtera karena hasil sawahnya dibeli dengan harga rendah,” terangnya.

Sementara itu, di Kota Bogor sendiri, Debby melihat pentingnya digagas berbagai hal yang mendorong perekonomian warga bisa menggeliat. “Saya akan sinkronkan apa yang menjadi kebutuhan masyarakat di Bogor dengan program Partai Perindo. Kendala utamanya adalah permodalan. Banyak warga ingin berusaha, tapi terbentur modal,” jelasnya.

Debora Debby Wage berjuang bersama rakyat

Tidak itu saja, guna memperlengkapi keterampilan masyarakat, Debby menggagas berbagai pelatihan baik bagi para ibu-ibu maupun generasi muda di Bogor. “Penting juga mereka memiliki keterampilan agar bisa berusaha maksimal,” kata Debby yang juga dikenal sebagai produser kondang ini.

Bahkan, bila dirinya duduk sebagai anggota dewan, sudah ada rencana dalam hatinya untuk membuat lembaga pinjaman, seperti Grameen Bank di Bangladesh yang khusus membantu permodalan bagi kaum perempuan. “Pinjamannya dengan berbagai kemudahan ringan ini diharapkan mampu memandirikan para perempuan dan menggeliatkan perekonomian di Bogor dan Cianjur,” kata Debby lagi.

Yang unik dari serangkaian lawatan Debby adalah cara berkomunikasi yang sederhana kepada masyarakat. Ia begitu terbuka mendengar masyarakat curhat dari A sampai Z. Tak lupa sajian nasi liwet selalu menyertai perbincangan menarik dengan warga. “Enak aja bincang-bincang politik sambil ngeliwet,” kata Debby.

Dan apa yang disampaikan warga membuat Debby kian termotivasi untuk menjadi anggota dewan. Sebab, ada banyak hal yang harus ia perjuangkan.

Debora Debby Wage, melangkah pasti

“Kadang saya menangis mendengar keluhan-keluhan warga. Mereka rindu hidup sejahtera. Dan, ini menjadi salah satu tugas wakil rakyat, memastikan masyarakat hidup sejahtera,” tukas Debby.

Karena itu, bila Yang Maha Kuasa berkenan dirinya duduk sebagai anggota dewan, maka serangkaian perjuangan bagi rakyat telah siap ia jalani. Tentu dukungan dari warga akan terjawantahkan pada Pemilu Legislatif, 17 April 2019 mendatang. (RN)