Bupati Serdang Bedagai H. Ir. Soekirman

Serdang Bedagai, innews.co.id – Berbagai upaya dilakukan dalam mencegah masuknya virus corona terus diupayakan Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara. Selain terus menerus mensosialisasikan bahaya Covid-19 kepada masyarakat, sarana dan prasarana kesehatan juga dipersiapkan.

Hal ini disampaikan Bupati Serdang Bedagai H. Ir. Soekirman kepada innews, Rabu (25/3/2020) malam. “Info dari Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 Kabupaten Serdang Bedagai, hingga Selasa, 23 Maret 2020, Pukul 15.00 WIB, orang positif corona masih nihil. Sementara pasien dalam pemantauan (PDP) ada 1 orang dan yang dalam pemantauan (ODP) ada 80 orang. Alhamdulillah, belum ada yang positif terjangkit,” terang Soekirman.

Soekirman menambahkan, bersama Forkompinda, ia terus melakukan sosialisasi tentang bahaya Covid-19 dan mengimbau masyarakat untuk membatasi aktifitas di luar rumah.

Meski demikian, kalau daerah lain sudah lebih dari seminggu menerapkan work from home, maka di Serdang Bedagai rencananya baru akan melaksanakannya di minggu ini. Itu pun sebagai bentuk antisipasi pencegahan virus corona.

“Sejak satu minggu lalu, untuk rapat-rapat kami sudah menggunakan aplikasi Zoom yang ternyata cukup efektif,” jelas Soekirman.

Sementara itu, libur sekolah sudah diterapkan sejak 19 Maret 2020 lalu. “Kami lakukan koordinasi sebaik mungkin. Rapat koordinasi gugus bersama Forkopimda dilakukan baik secara langsung atau melalui WA grup,” imbuhnya.

Ditanya soal kesiapan sarana kesehatan, Soekirman menjelaskan, baik rumah sakit umum, swasta, dan puskesmas khusus penampungan pengaduan corona sudah disiapkan. Begitu juga sarana pendukungnya,” tuturnya.

Covid-19 telah menjadi ‘musuh’ bersama. Karena itu, Soekirman berharap agar masyarakat benar-benar kompak dan memiliki kesadaran tinggi untuk memelihara kesehatan diri dan lingkungannya. “Semakin kita bersatu dan disiplin akan memutus rantai penyebaran virus. Kita juga akan semakin cepat keluar dari krisis ini,” pungkasnya. (RN)