Yogyakarta, innews.co.id – Untuk kesekian kalinya Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dipercaya menggelar event berskala nasional. Dalam waktu dekat, tepatnya 19-20 Oktober 2018, akan diadakan PraKongres yang diperluas Ikatan Notaris Indonesia (INI).

Bagi Heri Sabto Widodo, SH., Ketua Pengurus Wilayah INI DIY menyambut baik pelaksanaan PraKongres atau dikenal dengan Rapat Pleno Pengurus Pusat yang Diperluas (RP3YD) INI.

“Selama ini Yogya memang kerap dipakai untuk even-even nasional. Mungkin juga karena Yogya dianggap memiliki iklim yang kondusif dan nyaman untuk memutuskan hal-hal penting bagi kepentingan organisasi,” ujar Heri.

Secara pribadi Heri mengaku bangga penyelenggaraan PraKongres INI bisa diadakan di Yogya. Selain itu, tambahnya, juga harus menjaga kepercayaan dan amanah organisasi dan rekan-rekan se-Indonesia.

Heri Sabto Widodo, SH, Ketua Pengurus Wilayah INI DIY

Dalam pengamatannya, kerja rekan-rekan panitia luar biasa. “Persiapan teman-teman panitia mungkin hampir 100 persen. Harapan saya, tentu saja jelang hari-H ini, persiapan bisa semaksimal mungkin, karena minat kedatangan teman-teman peserta sangat luar biasa, sehingga pendaftaran kita tutup lebih awal, agar bisa memberikan kenyamanan buat peserta,” terangnya.

Lebih jauh Heri menerangkan, PraKongres akan menyiapkan agenda-agenda yang akan dibawa ke kongres yang Insya Allah akan dilaksanakan di Makassar, April 2019, termasuk di antaranya tema kongres, tata tertib kongres, sistem pemilihan Ketum dan Dewan Kehormatan Pusat yang akan dipakai serta menjaring bakal calon (balon) caketum yang dibawa oleh para pengurus wilayah (pengwil) se-Indonesia untuk disertakan dalam kongres.

Secara khusus Heri berharap para peserta bisa hadir di Yogya dan mengikuti agenda PraKongres dengan nyaman dan puas, karena bagi kami di Yogya ini merupakan kebanggaan dan kepuasan bisa menyambut rekan-rekan notaris se-Indonesia.

Ditambahkannya, bagi sebagian besar notaris, datang ke Yogya seperti pulang ke kampung halaman kedua. “Pokoknya bagi kami di Yogya menyambut saudara-saudara pulang kampung, jadi rasanya senang dan bahagia,” imbuhnya.

Harapannya juga, PraKongres bisa berjalan sukses, nyaman, kondusif dan mampu menghasilkan keputusan-keputusan yang bermanfaat buat anggota INI secara umum.

Pada bagian lain, Moch. Ikhwanul Muslimin, SH., Ketua Panitia PraKongres INI menjelaskan, saat ini persiapan sudah mendekati rampung, tinggal pematangan dan finalisasi beberapa bagian. Intinya panitia sudah siap menerima peserta RP3YD maupun Pembekalan dan Penyegaran Pengetahuan.

Diterangkannya, diperkirakan peserta yang hadir sekitar 1.800 orang, terdiri dari peserta RP3YD berjumlah 400 orang dan Pembekalan dan Penyegaran Pengetahuan (PDPP) sekitar 1.400 orang.

Moch.Ikhwanul Muslimin, SH., Ketua Panitia

“Sebenarnya masih banyak yang mau mendaftar, tetapi mengingat kapasitas ruangan dan demi kenyamanan peserta, untuk Pendaftaran PDPP terpaksa kami tutup lebih awal. Sedangkan untuk peserta RP3YD sudah mendaftar sekitar 85 persen, dan masih kita tunggu sampai pelaksanaan acara.

Lebih jauh Ikhwan menerangkan, berdasarkan ART Pasal 16 maka, PraKongres nanti ada pembahasan usulan-usulan balon dari pengurus daerah yang disampaikan pada Pengwil untuk ditetapkan sebagai “Balon” Ketum.

Ikhwan menambahkan, Ketua Umum INI yang akan membuka langsung acara ini mengingat ini rapat internal.

Berbagai acara menarik disajikan dalam PraKongres yakni, Bimbingan Teknis dan Sosialisasi Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik atau Online Single Submission (OSS), Sosialisasi Standarisasi Akta Perbankan Syariah, Update Peraturan Terbaru dari Kementerian Hukum dan HAM dan Kementerian Lainnya. (RN)