Jakarta, innews.co.id – Gelar Tokoh Pemerataan Pembangunan disematkan oleh Kamar Dagang dan Industri (Kadin) kepada Presiden Joko Widodo.

Penghargaan tersebut diberikan atas kerja Jokowi dalam membangun Indonesia dalam masa pemerintahannya.

Kadin menilai Presiden Jokowi telah berkontribusi besar untuk pembangunan ekonomi dan Indonesia secara menyeluruh dan merata. Kadin juga menilai Jokowi sebagai tokoh dengan rasa tanggung jawab yang besar.

Dengan Presiden Jokowi memprioritaskan pembangunan infrastruktur guna mendorong perekonomian daerah dapat tumbuh.

Dalam sambutannya Jokowi mengucapkan rasa terimakasihnya atas penghargaan tersebut. Namun dirinya merasa penghargaan tersebut merupakan suatu beban berat bagi dirinya.

“Apa yang diberikan kepada saya ini sebuah hal yang sangat berat sekali bagi saya. Jangan menganggap ini hal enteng. Menerima seperti ini hal yang berat buat saya,” terang Jokowi dalam sambutannya pada ulang tahun ke 50 tahun Kadin Indonesia, Senin (24/9).

Jokowi menekankan bahwa Indonesia adalah negara besar dan mengelola negara sebesar Indonesia bukan hal yang mudah. Terlebih Jokowi menilai setiap daerah memiliki karakteristik dan juga kebutuhan yang berbeda satu dengan lainnya.

“Mengelola negara sebesar ini tidak gampang, setiap daerah punya permintaan dan kebutuhan yang berbeda beda,” kata Jokowi.

Meski kebutuhannya berbeda, namun Jokowi menilai terdapat benang merah yang sama. Menurutnya setiap daerah membutuhkan pembangunan konektifitas dan infrastruktur agar pertumbuhan ekonominya dapat tumbuh bersama. (RN)