Jakarta, innews.co.id – Penyelenggaraan Seminar Donor Kornea Mata, Pemeriksaan Mata, Bazar, dan Aneka Lomba yang berlangsung di Cilandak Town Square, Sabtu (3/11), telah berjalan sukses.

Acara yang merupakan kolaborasi antara Lions Club dan sejumlah pihak, salah satunya Damai Nusantaraku (Dantara) ini diapresiasi, tidak hanya oleh peserta acara, tapi juga para pengunjung di Citos.

Putri Simorangkir, Dantara konsisten dengan aksi kemanusiaan

Donna (43 tahun) salah satu pengunjung Citos yang ditemui mengaku senang melihat acara tersebut. “Saya sih tidak ikut acara. Cuma saya lihat acaranya bagus. Tadinya mau pulang cepat, malah saya jadi tertahan nonton acara ini,” ujarnya tertawa.

Demikian juga Akbar (53), yang mengaku senang menonton acara ini. “Ya, saya senang ada pemeriksaan mata gratis juga,” ucapnya.

Menanggapi banyak respon positif ini, menurut Putri Simorangkir, Ketua Umum Dantara yang sejak siang hingga malam hari berada di lokasi acara, “Memang acaranya luar biasa. Tujuan utama adalah untuk mendukung kemanusiaan. Karena itu semua antusias mendukung”.

Putri Simorangkir (kedua dari kanan) bersama Barbara Oudang (kedua dari kiri)

Dijelaskan Putri, penggagas acara ini adalah Ibu Barbara Oudang, seorang pejabat tinggi di Lions Cubs Indonesia Distrik 307 B1. “Beliau terbeban mencari donor kornea mata bagi mereka yang membutuhkan, namun tidak mampu secara finansial,” kata Putri.

Diakuinya, para peserta dan pengunjung begitu antusiasi mengikuti acara yang berlangsung sejak siang hari tersebut, mulai dari lomba dansa, poco-poco, maumere, dan tobello.

“Belakangan antusiasme memuncak tatkala pengunjung semua diajak dansa polonaise bebas. Sebagian besar pengunjung sampai ikut melantai,” jelas Putri.

Pada kesempatan itu, secara khusus Putri Simorangkir mengimbau dan mengajak masyarakat untuk sedia mendonorkan matanya. “Ini adalah suatu pekerjaan mulia. Sekalipun sudah dipanggil Tuhan, tapi kita masih bisa berbuat baik kepada orang lain,” ucapnya.

Tidak itu saja, sebagai Ketum Dantara, ia memastikan, Dantara bekerja mendukung, sekalipun dari belakang layar. “Yang penting acara kemanusiaan ini berjalan dengan baik,” ujarnya.

Putri juga memastikan, ke depan Dantara tidak akan berhenti bekerja untuk kemanusiaan dan bagi kepentingan bangsa. (RN)