Jakarta, innews.co.id – Persatuan Wanita Kristen Indonesia (PWKI) kembali menggelar Lokakarya Pengenalan Dini Bahaya Narkoba menggandeng Kementerian Pendidikan Nasional dan Badan Narkotika Nasional (BNN) di Aula Gereja Baptis, Gondangdia, Jakarta, Rabu (28/11).

Tampil sebagai pembicara Untung Sugiharto dari Direktorat Pembinaan PAU Kemendikbud yang bicara tentang kebijakan PAUD. Juga ada Suhartini Napitu dari BNN.

Fokus pembahasan adalah bagaimana sebagai orangtua bisa mengontrol keseharian anak-anak dan tidak mudah terkecoh dengan perilaku anak yang mungkin sudah aneh-aneh.

Suasana Lokakarya di Aula Gereja Baptis Jakarta, Rabu (28/11)

Menurut Suhartini, adalah penting sebagai orangtua mencermati perilaku anak. Kalau perlu sediakan waktu untuk mendampingi anak-anak dalam berbagai aktifitasnya.

“Penting juga orangtua mengenalkan bahaya narkoba kepada anak-anak sedini mungkin. Dan utamanya, orangtua bisa memberi contoh lewat kehidupan sehari-hari,” kata Suhartini.

Ditambahkannya, jika pengenalan narkoba telah dilakukan sedini mungkin, maka akan memudahkan para orangtua untuk memberi masukan kepada anak-anak, baik secara keilmuan maupun kerohanian.

Para peserta yang berasal dari berbagai denominasi gereja ini menyambut baik acara ini dan menjadi sebuah informasi yang berharga untuk selanjutnya diimplementasikan di tengah kehidupan keluarga dan bergereja.

Acara juga diisi dengan diskusi kelompok. Peserta dibagi ke dalam 10 kelompok dan membahas beberapa tema yang diberikan. Hasil pembahasan kelompok ini selanjutnya akan dibuatkan buku saku yang akan menjadi panduan dalam upaya pengenalan sejak dini bahaya narkoba. (RN)