Para pengurus IWAPI usai diterima Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa terkait rencana pelaksanaan Rapat Kerja Nasional XXIX IWAPI di Surabaya, 9-10 September 2019

Jakarta, innews.co.id – Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) ke-29 yang akan diadakan di Surabaya, 9-11 September 2019 nanti, akan menjadi momentum penting untuk bagaimana mengkonsolidasikan ‘kekuatan’ IWAPI dalam membangun sinergitas, baik dengan pemerintah, kalangan pebisnis, maupun kemajuan teknologi yang ada.

Diharapkan usai Rakernas ini, para anggota IWAPI di seluruh Nusantara akan kian maju dan berkembang dengan mengadopsi teknologi seiring Revolusi Industri 4.0. yang telah dicanangkan pemerintah.

Para pengurus IWAPI siap mengadakan Rakernas XXIX di Surabaya

Hal ini disampaikan Ir.Dewi Arimbi Soeharto Alamsjah Ketua Organizing Committee Rakernas XXIX IWAPI kepada innews, usai rapat panitia di Arimbi Suite Pejaten, Jakarta, Selasa (20/8/2019) siang.

Menurut Arimbi, Rakernas kali ini akan diadakan di Hotel Grand Mercure, Surabaya, Jawa Timur. Hingga berita ini diturunkan tercatat sudah 1.200 anggota IWAPI dari seluruh Indonesia yang mendaftar untuk ikut dalam acara tersebut yang juga akan diisi dengan kegiatan IWAPI Expo 2019.

Dipilihnya Grand Mercure, menurut Arimbi, agar semakin banyak anggota IWAPI yang ikut. Karena data yang ada menyebutkan lebih dari 80 persen anggota IWAPI lingkup bisnisnya adalah UMKM. “Jadi, dengan biaya yang friendly, maka semakin banyak peserta yang hadir nantinya,” kata Arimbi.

Ir. Hj. R.A. Dewi Arimbi Soeharto Alamsjah Ketua Organizing Committee Rakernas XXIX IWAPI di Surabaya, 9-11 September 2019

Tema yang diusung terkait dengan kemajuan bisnis, khususnya UMKM di era 4.0. “Kita berharap UMKM kita bisa naik kelas dan sesuai dengan kemajuan teknologi,” jelas Arimbi yang juga duduk sebagai Wakil Ketua Umum DPP IWAPI Bidang Pendidikan, Humas, dan UMKM ini.

Dijelaskan pula, agenda Rakernas akan dilakukan evaluasi terhadap program-program yang sudah berjalan, serta membuat program-program kedepan yang tentunya harus bersinergi dengan pemerintah serta iklim teknologi yang maju. “Pemerintahan Jokowi jilid dua ini akan fokus pada penciptaan sumber daya manusia yang unggul, maka IWAPI pun akan mendukung sekuat tenaga,” kata Arimbi yang kemarin baru saja ikut pencalegan di daerah pemilihan Lampung ini.

Direncanakan Rakernas akan dibuka langsung oleh Presiden Jokowi, pun IWAPI Expo 2019 akan dibuka oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo. “Kami masih menunggu konfirmasi kepastian waktu Presiden Jokowi dan Ibu Negara, apakah di tanggal 9 sore atau 10 pagi untuk membuka acara tersebut,” tambah Arimbi.

Pelaksanaan kegiatan rapat IWAPI

Biasanya Rakernas IWAPI selalu diadakan bulan Oktober, namun khusus tahun ini berbeda mengingat pada Oktober 2019 akan dilantik Presiden-Wakil Presiden yang tentunya akan menyita banyak kegiatan.

Topik revolusi industri 4.0 akan menjadi salah satu fokus pembahasan. “Ini sejalan dengan program pemerintah yang tengah gencar-gencarnya mendengungkan hal tersebut,” terangnya. Juga akan diadakan workshop serta diskusi terbuka dengan tema-tema yang menarik.

IWAPI siap masuki era revolusi industri 4.0

Di usia ke-44, IWAPI sekarang nampak kian mengkilap dengan kinerja yang mumpuni. Pun personil yang terlibat didalamnya begitu aktif mengingat organisasi dirasa berdampak besar bagi bisnis masing-masing anggota.

Sejauh ini, IWAPI telah menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, utamanya terkait kemajuan teknologi, seperti dengan Facebook, Google, dan lainnya. Pun sudah diadakan roadshow ke berbagai daerah untuk mensosialisasikan pemanfaatan teknologi dalam dunia bisnis.

Gemilangnya kinerja IWAPI, nampaknya mulai dilirik oleh pemerintah. Bahkan, rumor yang berkembang, IWAPI bakal mengisi salah satu pos Kabinet Kerja Jilid II.

Akankah IWAPI digandeng masuk dalam Kabinet Kerja Jilid II?

Ditanya soal itu, Arimbi berujar, “Soal mengisi kabinet, itu kan hak prerogatif Presiden. Saya yakin Presiden Jokowi memiliki pemikiran yang tajam soal siapa yang bakal duduk sebagai menteri-menterinya. Tapi kalau sampai ada dari IWAPI yang dipercaya duduk di Kabinet Kerja Jilid II, ya syukur alhamdulillah”.

Namun lepas dari itu, IWAPI akan terus berkarya untuk bagaimana mengangkat derajat para wanita pengusaha di seluruh Indonesia. “IWAPI akan terus melakukan kerja kerja kerja bagi seluruh wanita pengusaha di Indonesia,” tukasnya.

Di akhir perbincangan, Arimbi kembali mengingatkan agar para anggota IWAPI bisa turut meramaikan Rakernas di Surabaya nanti. (RN)