Ahmad Syaikhu dilengserkan dari pencalonan sebagai Wagub DKI Jakarta

Jakarta, innews.co.id – Secara resmi, nama Ahmad Syaikhu dicoret sebagai Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Ini lantaran Syaikhu telah dilantik sebagai anggota DPR RI.

Hal ini disampaikan Presiden PKS, Sohibul Iman di Kantor DPP PKS, Jakarta Senin (6/1/2020). Dikatakannya, “Dia (Syaikhu) udah dilantik di DPR, dia yang kita cabut. Ya sisanya ada (Agung Yulianto), kan. Ya nanti kita lihat apakah tetap Pak Agung atau kita ambil yang lain,” jelas Sohibul Imam.

Kabarnya, PKS akan segera mencari pengganti Syaikhu untuk diajukan menjadi Cawagub DKI. Namun, ia belum mengungkapkan sosok yang akan mengganti mantan Wakil Wali Kota Bekasi itu.

“Jadi satu dari PKS yang satu dari tempat lain. Nah tempat lain ini bisa ambil dari macam-macam. Bisa ambil satu dari empat yang diajukan Gerindra atau tempat lain,” kata Sohibul.

Konon, sempat beredar nama Mayjen TNI (Purn) Tanribali Lamo yang masuk dalam radar PKS untuk diajukan sebagai Cawagub DKI. Namun hingga kini belum ada pernyataan resmi dari PKS mengenai hal tersebut.

Menanggapi proses pembahasan yang alot, Sohibul mengatakan, “Sampai sekarang tatib-nya tidak diselesaikan. Jadi kalau tidak mungkin ada proses pemilihan, kalau tidak ada tatib-nya, makanya harus diselesaikan”.

Ditambahkannya, hak PKS terkait kursi Wagub DKI Jakarta untuk diproses. Pasalnya, pembahasan mengenai sosok pengganti Sandiaga Uno sudah memakan waktu yang lama.

“Hak PKS tetap harus di proses. Kalau kalimat ini hak PKS itu diberikan oleh semua partai DPRD itu, ya mungkin sudah selesai. Tapi mereka boleh jadi mereka juga tidak menginginkan ada kader PKS yang jadi Wagub, makanya proses politiknya alot,” ujar Sohibul. (RN)