Putri Simorangkir bersama tim Dantara

Jakarta, innews.co.id – Langkah Damai Nusantaraku atau biasa disingkat DANTARA kian mantap dalam memenangkan pasangan Joko Widodo – Ma’ruf Amin pada Pemilihan Presiden, 17 April 2019 mendatang.

Ini ditandai dengan diresmikannya Posko pemenangan Paslon 01 yang terletak di Jl. Benda 2/14, Kecamatan Pulo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan ini, Kamis, 3 Januari 2019.

Putri Simorangkir bersama Lurah setempat Ibu Saryati saat panen perdana tanaman hidroponik, Kamis (3/1/2019)

Acara peresmian dihadiri segenap pengurus dan anggota DANTARA yang sejatinya selama ini telah melakukan berbagai aksi sosial ke berbagai tempat di Tanah Air.

Kepada innews, Putri Simorangkir, Ketua Umum DANTARA menjelaskan, tujuan diresmikannya posko ini adalah untuk mempermudah kegiatan sosialisasi kepada masyarakat tentang program-program yang telah dicapai oleh Pemerintah Joko Widodo selama ini.

Peresmian posko ditandai dengan tumpengan

“Lewat posko ini, kami sebagai relawan Paslon 01 juga ingin menjelaskan tentang pasangan Jokowi-Ma’ruf sehingga lebih dikenal masyarakat. Demikian juga menceritakan kinerja para relawan dalam upaya memenangkan Paslon 01 selama 3,5 bulan ke depan. Juga digunakan sebagai tempat menampung aspirasi warga. Intinya, membina hubungan baik dengan masyarakat sambil bersantai dan minum kopi,” jelas Putri.

Banyak kegiatan

Dikatakannya pula, akan ada banyak kegiatan yang akan dijalankan di posko antara lain: memberikan bimbingan psikologi bagi pemuda-pemudi dalam rangka membantu menentukan jurusan studi yang tepat sebelum menentukan pilihan memasuki perguruan tinggi.

Putri Simorangkir tengah memberikan sambutan

Juga di sana akan dilakukan pembinaan dan pelatihan olah vokal bagi anak-anak yang menyukai seni suara. Memberikan pelatihan yoga sembari mengajarkan kepada masyarakat mengenai pola hidup sehat.

Hal lainnya, masih kata Putri, mengajarkan cara bercocok tanam dengan cara hidroponik. Tidak itu saja, Dantara juga akan memberikan perangkat tanam hidroponik kepada masayrakat perkampungan di mana yang semula berdinding gersang kini dipenuhi dengan tanaman sayuran menjadi hijau segar. Program ini, lanjut Putri sudah dijalankan sejak beberapa waktu lalu dan akan terus diperluas wilayahnya.

Panen perdana

Bersamaan peresmian posko, juga dilakukan panen perdana tanaman hidroponik di rumah-rumah warga yang selama ini digunakan sebagai tempat percontohan. Alhasil, masyarakat setempat merasa senang dan merasa terbantu. Paling tidak kebutuhan sayur-mayur setiap hari bisa diperoleh dari tanaman hidroponik tersebut.

Saling berdiskusi mengenai program-program ke depan

Panen perdana juga dilakukan bersama istri Lurah setempat dengan tanaman yang dipanen adalah kangkung. “Menurut masyarakat, tanaman hidroponik lebih enak dan garing rasanya dibanding yang biasa,” kata Putri.

Ke depan, pola tanam seperti ini juga akan terus dikembangkan, tidak hanya sebatas mencukupi kebutuhan sehari-hari, tapi juga berorientasi komersil.

Panen produk tanaman hidroponik

“Kami tambah semangat memfasilitasi hal tersebut akan komit akan terus membimbing masyarakat. Ini lantaran animo masyarakat demikian besar. Pun sudah menyebar ke wilayah-wilayah lain yang secara terang-terangan menyatakan berminat menanam hidroponik,” jelas Putri.

Sebelumnya, serangkaian aksi sosial telah dilakukan Dantara di berbagai tempat, seperti di Pulau Panggang, Kepulauan Seribu, menyantuni korban Palu-Donggala, mengunjungi tenaga kerja wanita di Singapura, dan sebagainya. (RN)