St. Dr. Edison Manurung, SH., MM., salah satu penggagas sekaligus Ketua Umum Komite Provinsi Danau Toba

Jakarta, innews.co.id – Menindaklanjuti kunjungan kerja Presiden RI H. Ir. Joko Widodo ke kawasan Danau Toba selama 3 hari, 29-31 Juli 2019, Dewan Pakar Komite Danautoba langsung berencana menggelar seminar Percepatan Wisata Danau Toba Mendunia.

Hal ini disampaikan Edison Manurung, SH., MM., Ketua Umum Komite Danautoba dalam siaran persnya kepada innews, Senin (5/8/2019).

St. Edison Manurung, SH., MM., (kedua dari kanan) bersama para tokoh Batak di Sopo Marpingkir

Menurut Edison, langkah Presiden Jokowi sudah demikian cepat dengan mengunjungi Danau Toba dan melihat langsung sejumlah tempat yang bisa dikembangkan dalam rangka mendukung kawasan tersebut menjadi destinasi wisata kelas dunia.

Untuk itu, tambahnya, para Dewan Pakar bekerjasama dengan DPD RI dan Pusat Kajian Otonomi Fakultas Hukum Universitas Kristen Indonesia akan menggelar seminar yang rencananya akan diadakan pada 19 September 2019 mendatang di Gedung DPD RI Jakarta.

St. Edison Manurung, SH., MM., bersama Jenderal TNI (Purn) Moeldoko
Para Dewan Pakar Komite Danau Toba

Sejumlah pembicara siap dihadirkan guna memberikan gagasan dan buah pemikirannya mengenai pengembangan Danau Toba, di antaranya, Jenderal TNI (Purn) Moeldoko, Menteri-menteri terkait, Ketua DPR RI, Ketua DPD RI, dan Gubernur Sumatera Utara.

Edison Manurung (kanan) bersama Gubsu (tengah), dan Bupati Simalungun

Juga akan dihadirkan peserta di antaranya, para Bupati se-Kawasan Danau Toba, Pimpinan DPRD Tingkat I Sumut, Pimpinan DPRD Tingkat II se-Kawasan Danau Toba, Pengurus marga-marga yang ada di Kawasan Danau Toba, Ormas yang peduli terhadap Danau Toba, Rektor berbagai universitas, tokoh agama, tokoh adat, para pemerhati, yayasan yang peduli Danau Toba, dan lainnya.

Edison berharap, melalui seminar ini akan kian terkuak upaya konkrit yang bisa dilakukan dalam rangka merealisasikan Danau Toba menjadi destinasi wisata kelas dunia. “Semua itu berpulang untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar Danau Toba,” ujar Edison.

Edison Manurung bersama para Bupati se-Kawasan Danau Toba

“Kita harusnya sangat bersyukur untuk perhatian besar Presiden Jokowi terhadap kawasan Danau Toba. Tinggal sekarang bagaimana kita mau ikut serta membangun kawasan tersebut, sehingga upaya yang dilakukan Presiden Jokowi tidak sia-sia,” tukas Edison yang pernah duduk sebagai Ketua DPP KNPI ini. (RN)