Jakarta, innews.co.id – Guna meningkatkan penetrasi layanan keuangan inklusif, PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) menggandeng PT Telkomsel melalui program TCASH. Diharapkan dengan kerja sama itu perseroan bisa menggaet 200 ribu nasabah dan perolehan dana murah hingga Rp1,5 triliun di tahap awal.

Menurut Direktur Utama BTN Maryono, kerja sama tersebut merupakan realisasi dari sinergi BUMN. Dari sinergi itu diharapkan bisa mendukung layanan keuangan inklusif mengingat sekitar 100 juta penduduk Indonesia belum tersentuh layanan perbankan.

“Hampir semua penduduk Indonesia mempunyai ponsel, tetapi mereka belum tentu memiliki rekening perbankan. Makanya kami menggandeng Telkomsel dengan layanan TCASH-nya untuk berperan dalam upaya meningkatkan Laku Pandai,” jelas Maryono seusai meluncurkan layanan BTN-TCASH di Malang, Jawa Timur, Kamis (10/5), melalui rilis yang diterima.

Menurut Maryono, kongsi dengan Telkomsel itu akan membuat dana murah perseroan semakin meningkat. Pasalnya, pelanggan TCASH yang saat ini mencapai 20 juta sangat potensial untuk menjadi nasabah BTN.

“Ini potensi yang sangat besar dan harus kami manfaatkan untuk mendongkrak dana murah agar komposisinya bisa di atas 50%,” tegasnya.

Lebih lanjut Maryono menuturkan, layanan BTN-TCASH tersebut akan mempermudah Agen Griya BTN, agen layanan keuangan tanpa kantor (Laku Pandai) milik Bank BTN, untuk memberikan layanan keuangan bagi masyarakat yang belum terjangkau perbankan.

Ada pun bagi nasabah Tabungan BTN Cermat dari program Laku Pandai Bank BTN dan pengguna TCASH dapat dengan mudah melakukan transaksi. Pelanggan juga bisa melakukan pembayaran mobile melalui layanan tersebut serta memiliki rekening tabungan dengan bunga bulanan tanpa dikenakan biaya administrasi dan saldo minimum.

“Ke depannya, Bank BTN dan TCASH juga akan menghadirkan layanan kredit pemilikan rumah (KPR) mikro dan kredit usaha rakyat (KUR) dalam genggaman bagi para nasabahnya,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah mengatakan kerja sama dengan BTN tersebut akan membantu pihaknya merealisasikan visi perusahaan menciptakan ekosistem digital yang terintegrasi hingga ke segmen mikro.

“Hadirnya layanan ini dapat menjadi solusi bagi pelanggan segmen ini di pelosok Indonesia, dengan memanfaatkan jaringan luas uang elektronik TCASH dan layanan laku pandai BTN Cermat, untuk dapat menikmati layanan finansial secara lebih praktis dan aman,” tegas Ririek. (BY)