Peresmian penggunaan nama PPJI di ICE BSD, Tangerang Selatan, Rabu (16/10/2019)

Tangerang Selatan, innews.co.id – Di ajang pameran kuliner nan megah di Hall 10 ICE BSD, Tangerang Selatan, 16-20 Oktober 2019, secara resmi para pelaku bisnis kuliner yang tadinya menggunakan nama APJI, kini berubah nama menjadi Perkumpulan Penyelenggaraan Jasaboga Indonesia (PPJI).

Launching nama baru tersebut dilakukan dengan penuh kesederhanaan dan dihadiri selain Pengurus Pusat PPJI, Pengurus Daerah, para Pendiri APJI, Ratu Silvy Gayatri dari Kementerian Luar Negeri, I Made Suprateka dari PLN, dan Bob T. Ananta Direktur Treasury BNI, di area pameran Rabu (16/10/2019) siang.

Suasana peresmiam nama PPJI dan peluncuran jualanmind di ICE BSD, Tangerang Selatan, Rabu (16/10/2019)

Menurut Irwan Iden Gobel Ketua Umum PPJI, perubahan nama itu diambil lantaran adanya peraturan pemerintah dalam hal penggunaan kata ‘Asosiasi’, maka harus mengganti namanya dengan ‘Perkumpulan’, untuk melegitimasi nama organisasi.

“Terhitung hari ini, secara resmi nama PPJI digunakan, termasuk penggunaan logo nama yang sudah mendapatkan SK dari Kementerian Hukum dan HAM,” seru Iden Gobel.

Irwan Iden Gobel Ketua Umum PPJI tengah memberikan sambutan

Pameran kali ini diikuti ratusan vendor, tidak hanya dari Jakarta, tapi juga daerah daerah-daerah. Menurut Afrinaldi Sekretaris Jenderal PPJI, pameran yang bertema Electric PPJI Food Festival ini merupakan bagian rangkaian program Pangan Nusa – Trade Expo Indonesia yang dilakukan secara berkala oleh Kementerian Perdagangan RI.

Acara ini juga selain dipadati standstand, dan tempat dimana pengunjung bisa langsung menikmati makanan, juga diisi kompetisi tata boga antar SMK. Selain itu, paket-paket menarik, baik pernikahan, arisan, katering, acara kantor dan lainnya, ditawarkan secara boombastic.

Pada kesempatan itu juga, ditandatangi kerjasama PPJI dengan MindStores yang ditandai dengan peluncuran aplikasi Jualanmind Mobill apps. Aplikasi ini merupakan market place yang memberikan pelayanan kuliner prima dan harga terbaik se-Indonesia.

Seragam PPJI yang baru

Menurut Ella Rizkita General Manager MindStores, aplikasi ini membantu anggota PPJI memiliki nilai tambah yang dapat bersaing secara maksimal di pasar nasional dan internasional. Selain itu, aplikasi ini diharapkan dapat mendorong pertumbuhan perekonomian nasional.

Iden Gobel menambahkan, jualanminds mudah diakses menggunakan smartphone, tablet atau desktop, dilengkapi dengan fitur-fitur yang dapat membantu anggota PPJI mengembangkan jaringan bisnisnya secara digital. “Tahap awal akan ada sekitar 4.000 perusahaan yang bergabung di jualanmind,” kata Iden.

Ella Rizkita General Manager MindStores

Pada kesempatan tersebut juga dilantik 7 Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PPJI yakni, Aceh, Lampung, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Nusa Tenggara Timur, Gorontalo, dan Sulawesi Tengah. Juga akan dilakukan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) PPJI di Hotel Grantage, BSD.

Di penghujung acara, diberikan penghargaan Life Time Achievement kepada para pendiri organisasi yakni R.A. Hj. Ning Sudjito ST., M.Si., Hj. Tati Moerdono. Juga kepada dua orang pencipta lagi Hymne dan Mars APJI yakni, R.A. Siti Fatimah DK dan Hj. Sri Asianingsih. (RN)