TangSel, innews.co.id – Berkaitan dengan perayaan Hari Kartini tahun 2018, sejumlah pelaku Usaha Mikro kecil menengah (UMKM) di wilayah Tangerang Selatan akan mengadakan acara jalan sehat dan bazaar berbagai macam produk makanan, kerajinan dan pakaian dengan mengambil tempat di Plaza Rakyat di Balai Kota Tangsel. Kegiatan yang terbuka untuk umum ini difasilitasi langsung oleh Pemerintah Kota Tangerang Selatan.

Hal tersebut dikatakan koordinator acara Bang Djay kepada wartawan di Tangsel, (9/3) lalu. Dikatakannya, tahun 2018 tema yang diusung adalah “Jalan Bersama – Bazar Syukuran UMKM Tangerang Selatan” akan dilaksanakan pada 21 – 22 April 2018 mendatang.

Terlaksananya kegiatan ini, kata Bang Djay, merupakan murni aspirasi dan inspirasi pelaku UMKM yang ingin mempromosikan hasil produk masing-masing agar lebih dikenal oleh masyarakat Tangsel khususnya, dan luar Tangsel umumnya. Selain itu, ini merupakan bentuk apresiasi kepada para wanita yang mendominasi pelaku UMKM di Tangsel. Bang Djays menjelaskan, berbagai produk UMKM akan dipamerkan antara lain produk kuliner mulai bentuk kemasan hingga siap saji serta aneka produk kerajinan dan pakaian anak hingga dewasa, mengingat tingginya animo masyarakat yang menyukai berbagai macam produk UKM saat ini.

“Selain itu, kita juga akan membuat voucher belanja dengan berbagai macam nilai nominal. Melalui voucher itu kita akan menawarkan ke semua OPD hingga ke DPRD sehingga dapat dipergunakan berbelanja di Bazar UMKM nantinya,” kata Bang Djay yang dikenal memiliki usaha bir pletok yang begitu kesohor ini.

Lanjut Bang Djay mengatakan, ada pun maksud dan tujuan digelar acara, katanya, sebagai bentuk wujud syukur dan aspirasi UMKM Tangsel selama ini, dimana kita sangat apresiasi atas dukungan Walikota Tangsel Ibu Hj. Airin Rahmi Diany SH, MH., melalui Dinas Koperasi dan UKM yang selama ini sudah membina para pelaku UMKM di Tangsel.

Heboh lainnya di bazaar nanti adalah dilakukannya pesta diskon, syukuran potong tumpeng, lomba photo produk, lomba stand terbaik dan kreatif, talk show kewirausahaan UMKM oleh chef ternama, santunan anak yatim dan dhuafa serta hiburan kepada masyarakat, dimeriahkan oleh artis pelawak Narji Cagur dan Musisi ternama Dik Doank yang merupakan Dewan Penasehat dalam kegiatan ini.

“Untuk acara Talk Show Kewirausahaan UMKM, kita akan diberikan pemahaman terkait perpajakan UMKM dan program CSR yang mendukung program UMKM serta marketing online dan offline,” terang Bang Djay.

Harapannya, peran serta UMKM Tangsel dapat meningkat dan berkarya lebih serta dikenal masyarakat luas, termasuk membuka peluang pemasaran yang lebih baik lagi. Dan juga meningkatkan kepedulian masyarakat dan bangga menggunakan produk UMKM sebagai produk unggulan kita di Tangsel dan meningkatkan daya beli masyarakat.

Sekaligus kita mencoba menarik minat pelaku usaha yang belum terbina untuk segera bergabung menjadi binaan Dinas Koperasi dan UMKM Kota Tangsel sehingga memiliki peluang usaha yang lebih baik lagi kedepannya. “Diharapkan saat Wali Kota Tangsel akan membuka langsung pelaksanaan Bazar Syukuran ini rencananya akan dihadiri dari Kementerian Koperasi Dan UKM, Dinas terkait, Kodim 0506/Tangerang, Polres Tangsel,  Anggota DPRD dan lainnya,” harap Bang Djay. (RN)