Jakarta, innews.co.id – Relawan pendukung pasangan Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin kian menggeliat. Ketua Umum PPP M Romahurmuziy (Romy), Minggu (19/8) di Gedung Joang, Jakarta, mendeklarasikan relawan bernama Sahabat Romahurmuziy Pendukung Jokowi (Sarung Jokowi). 

Romi mengatakan pemerintahan Jokowi sudah berjalan dengan baik dan harus dilanjutkan. “Empat tahun ini sudah on the track dan harus dilanjutkan,” katanya saat menyampaikan sambutan. 

Ia meminta pendukungnya memilih pemimpin berdasarkan kerja nyata. Jokowi sudah terbukti bekerja untuk membangun infrastruktur di berbagai wilayah Indonesia. “Kerja nyata jadikan ukuran dibandingkan retorika,” ucapnya.

Dia juga meminta pendukungnya membela Jokowi dengan terhormat dan tidak terjebak dalam caci maki dengan pasangan lain di media sosial.

“Mendukung harus secara terhormat, bukan saling menjatuhkan, bukan saling mencaci dan mengumpat,” tegasnya. 

Acara tersebut dihadiri ratusan yang berasal dari Jabodetabek, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Banten. “Mereka sukarela datang kemari untuk bergabung bersama relawan pemenangan Jokowi-Ma’ruf,” ungkap Romi. 

Dia menjelaskan Sarung Jokowi merupakan gerakan massa yang diisi para santri. Susunan pengurus akan dibentuk pekan ini. Terdapat kepala pos wilayah di tingkat provinsi, kepala pos daerah di tingkat kabupaten/kota, dan kepala pos pesantren di setiap pondok pesantren.

Saat ini ada sekitar 14 ribu pesantren se-Indonesia. “Kurang lebih 14 ribu pesantren, dengan rata-rata 1.000 santri per pesantren. Jadi, kurang lebih ada 14 juta orang. Mereka semua akan kita arahkan untuk menyempurnakan kemenangan Jokowi-Ma’ruf.” (RN)