Jakarta, innews.co.id – Ikatan Alumni Universitas Diponegoro dipercaya sebagai Koordinator Presidium III Himpunan Universitas Negeri Indonesia (HIMPUNI) untuk periode 2019-2020.

Tongkat estafet dari Koordinator Presidium II periode 2018-2019 yang dipimpin Keluarga Alumni Gadjah Mada (Kagama) diserahkan oleh Budi Karya Sumadi kepada Maryono selaku Koordinator Presidium III untuk melanjutkan kepemimpinan HIMPUNI selanjutnya di Vong Kitchen, Hotel ALILA SCBD, Sudirman, Jakarta, Senin (20/5/2019), berbarengan dengan gelaran Buka Puasa Bersama.

Penandatanganan serah terima dari Koordinator Presidium II kepada Koordinator Presidium III di Vong Kitchen, SCBD, Jakarta, Senin (20/5/2019)

Beberapa alumni universitas negeri yang terhimpun dalam Presidium III antara lain, IKA UNDIP, IKA UNRAM, IKA UNJ, ILUNI UNP, IKA ITS, IKAN UNS, IKA UB, dan IA UPNVI.

Penandatanganan dokumen serah terima kepemimpinan dilakukan Budi Karya Sumadi dan selanjutnya juga ditandatangani oleh Maryono.

Sejumlah pihak dari berbagai universitas negeri di Indonesia juga hadir pada kesempatan tersebut.

Dokumen serah terima Presidium ditampilkan kepada para anggota HIMPUNI

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan pemotongan kue dalam rangka perayaan 3 tahun HIMPUNI yang berdirinya tepat pada 20 Mei 2016 di Gedung BPPT, Jakarta.

Pada Musyawarah Nasional (Munas) HIMPUNI tahun 2017 di Lombok disepakati model kepemimpinan di HIMPUNI dilakukan dengan sistem Presidium. Setiap anggota HIMPUNI akan masuk pada masing-masing Presidium yang dibentuk dan memiliki koordinator.

Usai acara, kepada innews, Maryono mengatakan, bersyukur proses serah terima bisa berjalan dengan baik.

“Presidium I dan II telah membuat pondasi organisasi. Nah, Presidium III ini kita sudah mulai melakukan sesuatu karya nyata HIMPUNI di tengah masyarakat,” kata Maryono yang juga Direktur Utama BTN ini.

Maryono, IKA UNDIP pimpin Presidium III HIMPUNI

Dikatakannya lagi, kita tentu mengutamakan kebersamaan untuk menunjukkan eksistensi.

“Karena HIMPUNI merupakan kumpulan perguruan tinggi negeri di Indonesia, maka kita akan memberi kontribusi berupa masukan kepada pemerintah untuk bagaimana Indonesia menjadi bangsa yang hebat. Untuk itu, kita akan himpun para kaum intelektual lintas perguruan tinggi negeri untuk membicarakan hal ini,” kata Maryono.

Hal lainnya, lanjut Maryono, pihaknya juga akan mengintensifkan kinerja internal. “Kita juga akan mengajak para universitas negeri yang belum tergabung di HIMPUNI ” ujarnya.

Penataan database juga akan menjadi fokus Presidium III ini. Database perorangan ini dipandang penting sehingga bisa tahu kekuatan dan soliditas HIMPUNI.

Maryono menambahkan, HIMPUNI juga harus berperan kepada kampus masing-masing yang telah melahirkan alumni-alumni yang tersebar di berbagai tempat dengan menunjukkan kepedulian kepada masyarakat luas.

“Sekaligus kita ingin mengembangkan budaya dan wisata di Indonesia serta sumber daya manusia,” tukasnya.

Sebagai Koordinator Presidium III, Maryono berharap semua pihak bisa bersatu dan membangun HIMPUNI bersama. (RN)