Jakarta, innews.co.id – Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Agus Muharram mengapresiasi dan menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya atas dirilisnya film Moonrise Over Egypt” yang mengisahkan tentang kesejarahan.

Menurut Agus, “Bangsa yang besar adalah yang menghargai jasa para pahlawannya. Pelaku film adalah UKM. Mari kita mencintai dan memiliki produk Indonesia. Sebab mencintai saja tidak cukup, tapi beli karcisnya supaya filmnya laku,” kata Agus sembari tertawa.

Menurut Sutradara Pandu Adiputra, kisah film ini diangkat saat Agus Salim memimpin delegasi yang terdiri dari Abdurrachman Baswedan (kakek dari Gubernur Anies Baswedan) yang diperankan oleh Vikri Rahmat, Satria Mulia sebagai Mohammad Rasidi, Drs Ganda sebagai Nazie Pamuntjak, Mark Sungkar sebagai Perdana Menteri Mesir El Noikrashy Pasha dan aktor bule Harry Bond Jr berperan sebagai Duber Belanda di Mesir.

Film yang diproduksi oleh Tiga Visi Selaras (TVS) mengambil lokasi syuting di Mesir, Agustus 2017 ini akan dapat ditonton masyarakat luas pada 22 Maret 2018 di bioskop-bioskop di seluruh Indonesia.

Tergambar di film ini perjuangan pahlawan nasional H. Agus Salim (diperankan oleh Pritt Timothy) saat memimpin delegasi Indonesia memperjuangkan kedaulatan dan pengakuan kemerdekaan Indonesia di Mesir.

Produser Adie Marzuki memastikan bahwa film berlatar sejarah ini rasanya sangat perlu diketahui oleh generasi muda zaman now. “Film ini menggambarkan bagaimana Indonesia berjuang memperoleh pengakuan dari dunia internasional,” kata Adie. (RN)