Semangat para Pengurus DPP dan Dewan Mangaraja di Sidang Tahunan yang diadakan di Aula Universitas Mpu Tantular, Jakarta, Kamis (5/12/2019)

Jakarta, innews.co.id – Diluncurkannya Buku Ruhut-Ruhut Adat Batak dalanm Sidang Tahunan Lokus Adat Budaya Batak (LABB) menjadi penanda kiprah satu tahun lembaga ini. Tidak itu saja, kehadiran ‘Buku Putih’ Budaya Batak ini menjadi kontribusi berharga dari LABB bagi pelestarian Budaya Batak yang sudah semakin tergerus oleh kemajuan jaman.

Acara yang berlangsung di Aula Universitas Mpu Tantular, Kamis (5/12/2019) ini dihadiri sejumlah tokoh Batak dari berbagai tempat. Buku ini menjelaskan tentang penyelengaraan dan pelaksanaan acara-acara adat bagi masyarakat Batak.

Peringatan ulangtahun yang sederhana dan khidmat

Buku ini pula merupakan hasil dari pembahasan dan kesepakatan oleh organisasi marga dan marga-marga, organisasi masyarakat, aktivis sosial masyarakat adat Batak untuk membuat penyelenggaraan acara-acara adat yang efektif, efisien, dan ekonomis sehingga kelangsungan adat budaya Batak dapat lestari dan bertahan bagi generasi yang akan datang.

Sementara itu, Sepri Situmeang, S.Pi., MM., Wakil Sekjend Dewan Mangaraja mengharapkan buku ini bisa menjadi referensi bagi seluruh masyarakat Batak.

Sidang tahunan Dewan Mangaraja LABB merupakan forum tertinggi di LABB untuk mengambil keputusan. Mereka yang hadir antara lain, Pengurus dan Anggota Dewan Mangaraja, Dewan Penasihat DPP LABB, DPP LABB, utusan organisasi masyarakat, dan aktifis sosial budaya.

Para tami undangan yang hadir

Dijelaskan, LABB memiliki 2 lembaga yakni, Lembaga Legislatif (Dewan Mangaraja) dan Lembaga Eksekutif (Dewan Pengurus Pusat). Dewan Mangaraja dipimpin oleh Brigjen TNI (Purn) Berlin Hutajulu dengan 6 orang wakil ketua yang dipilih secara demokratis pada 5 Desember 2018 dalam Sidang Umum Dewan Mangaraja LABB. Ke-6 orang tersebut adalah Marsda TNI (Purn) JFP Sitompul, Ir. Nikolas Naibaho, MBA., Drs. Martua Situngkir, Ak., Dr. Pontas Sinaga, MSc., Prof. Dr. Laurence Manullang A.W., Drs. Jackson M. Turnip, MH.

Sementara itu di jajaran DPP LABB dinakhodai oleh Budi Sinambela B.BA., dengan 9 wakil ketua yaitu, F. Jadisman Hutapea, Drs. Hotland Hutajulu, MBA., Ir. Monang Sirumapea, MM., Robert Anton Situmeang, Ir. Resto Silitonga, Rajamuda Silitonga, SH., St. Abidan Simanjuntak, Ir. Muktar Panjaitan, dan St. Paul Tampubolon, SE.

Dalam rilis yang diterima innews, dikatakan bahwa Sidang Tahunan Dewan Mangaraja 2019 sangat istimewa karena diselenggarakan bersamaan dengan Persiapan Pesta Horja Bolon dan bertepatan dengan satu tahun usia LABB.

Pada kesempatan yang sama, St. Edison Manurung, SH., MM., Ketua Umum Komite Danau Toba (KDT) mengimbau agar ketua-ketua marga yang bergabung dalam LABB lebih dulu diverifikasi dan dibuatkan database-nya. Hal ini dilakukan KDT beberapa waktu lalu saat Deklarasi yang dihadiri sejumlah pimpinan marga sehingga memudahkan koordinasi termasuk persiapan acara Pesta Horja Bolon. Dalam hal ini, KDT siap mensukseskan acara tersebut. (RN)