Jakarta, innews.co.id – Dalam empat tahun masa kepemimpinan, Presiden Joko Widodo disebut telah berhasil meningkatkan jumlah perusahaan pemula berbasis teknologi (PPBT), atau yang akrab disebut startup, hingga 1.830 persen.

Pada 2014-2015, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek-Dikti) mencatat hanya ada 52 startup yang pendanaannya dibantu pemerintah melalui Kemenristek-Dikti. Namun, jumlahnya meningkat pesat pada 2016 menjadi 203 startup, selanjutnya meningkat menjadi 661. Pada tahun ini, jumlah mereka kembali meningkat menjadi 956 startup.

“Tahun ini sudah mencapai 956 startup yang pendanaannya dibantu oleh program PPBT Kemenristek-Dikti. Tahun depan tentunya kami mencanangkan target yang lebih banyak lagi hingga mencapai 1.000 lebih startup,” kata Menristek-Dikti Mohammad Nasir dalam konferensi pers di Gedung Kemenristek-Dikti, Jakarta, Jumat (26/10).

Sebelumnya, saat mengunjungi dan membuka Idea Fest di JCC Jakarta, kemarin, Presiden Joko Widodo mengungkapkan kekaguman dan rasa bangga terhadap generasi muda Indonesia, khususnya berbagai lompatan teknologi yang diinisiasi para anak muda.

“Saya langsung masuk ke pameran dan saya terkaget-kaget, banyak lompatan yang semuanya dikelola oleh anak-anak muda atau kaum milenial. Saya yakin yang akan menggerakkan Indonesia ke depan ialah Saudara semua,” tutur Jokowi. (RN)