Jakarta, innews.co.id – Majelis Hakim Pengadilan Niaga Jakarta Pusat telah memutuskan mengabulkan sebagian tuntutan dari Astra Sedaya Finance dalam kasus gugatan merek/logo KlikACC yang dinilai memiliki kemiripan dengan ACC Memberi Kemudahan milik Astra Sedaya.

Dalam pembacaan amar putusannya, Majelis Hakim yang diketuai oleh Desbenneri Sinaga menyatakan mengabulkan tuntutan nomor 2 dan 3 dari petitum yang dibacakan. Sementara tuntutan nomor 4 tidak dikabulkan.

Hakim menilai tidak ada kesamaan antara merek penggugat dengan tergugat. Tidak adanya kemiripan merek karena ada sejumlah huruf warna hitam dan putih yang membentuk kata ‘menerima kemudahan’.

Perbedaan berikutnya, tidak ada persamaan baik huruf, cara penempatan, cara penulisan, atau kombinasi secara struktur antara KlikACC milik tergugat dan ACC milik penggugat.

Menanggapi putusan hakim tersebut, Dr. Suyud Margono, SH., M.Hum., FCIArb., yang juga menjadi saksi ahli dalam kasus ini mengatakan, “Hakim menilai tidak ada persamaan pada pokoknya antara KlikACC dengan ACC”.

“Kalaupun disandingkan secara kasat mata memang tidak sama,” kata Suyud di PN Jakarta Pusat, Kamis (7/2/2019) siang.

Diterangkannya, yang didaftarkan oleh KlikACC adalah logo yang memiliki satu kesatuan dengan namanya. “Yang digugat kan soal kesamaan merek, padahal yang didaftarkan adalah logo, bukan hanya kata-kata KlikACC” terang Suyud.

Lebih jauh Suyud mengatakan, ada daya pembeda antara kedua merek tersebut. Dan itu bisa dibuktikan oleh pihak tergugat. Karena itu juga, pihak Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual mengabulkan pengajuan permohonan dari PT Aman Cermat Cepat (ACC) pemilik logo KlikACC.

Mengenai niat kuasa hukum Astra Sedaya mengajukan kasasi, Suyud mengatakan, silahkan saja. “Nanti hakim kasasi akan memeriksa dan menilai dalil-dalil, dokumen, dan memori kasasi dari penggugat dan tergugat. Dari situ akan dinilai apakah terjadi kesalahan dalam penerapan hukum tidak yang dilakukan oleh Pengadilan Niaga,” jelasnya. (RN)