Para relawan Jokowi-Ma'ruf yang tergabung dalam Komunitas Indonesia Maju (KIM) berfoto bersama usai gelar diskusi di Wanna Be Resto, Jakarta, Jum'at (1/11/2019)

Jakarta, innews.co.id – Sejumlah pandangan para tokoh di berbagai bidang mewarnai diskusi nasional yang digagas oleh Komunitas Indonesia Maju (KIM) sebuah wadah berkumpulnya anak bangsa Indonesia yang concern terhadap kemajuan Indonesia di segala bidang, di Wanna Be Resto, Jakarta, Jum’at (1/11/2019). Pada kesempatan itu, KIM juga berkolaborasi dengan Komunitas Amerika Bersatu (KAB).

Diskusi yang mengusung tema “Dampak Positif Pasca Pelantikan Jokowi – Ma’ruf Amin terhadap bidang: Ekonomi, Keamanan, Infrastruktur, SDM, Seni Budaya dalam Format Kerangka Pembangunan SDM Unggul Indonesia – Indonesia Maju” ini menghadirkan pembicara antara lain, Christianto Wibisono (Pengamat Politik dan Ekonomi), Rudi S Kamri (Pengamat Sosial Politik dan Pegiat Media Sosial), Hariadi Sukamdani (Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia), Komjen Pol (Purn) Ahwil Luthan (Pengamat Keamanan Masyarakat), Nita Yudi (Ketua Umum IWAPI), dan Prof. Anna Maria (Ahli Sosial Budaya dan Pendidikan).

Jajaran pengurus KIM bersama para narasumber

Pada kesempatan itu, Christianto mengatakan, konsep SDM Unggul merupakan bagian untuk melengkapi berbagai pembangunan infrastruktur yang telah berjalan selama ini. Sementara itu, Rudi Kamri mengingatkan agar Presiden Jokowi bisa mengontrol kinerja para menterinya sehingga penerjamahan visi Presiden bisa sesuai target.

Sementara itu Hariadi Sukamdani berharap pemerintahan sekarang mampu mendorong peningkatan kualitas SDM Indonesia sehingga mampu bersaing di level internasional. Ahwil Luthan menegaskan, kabinet yang dibentuk sudah cukup memberi gambaran kuat akab visi Presiden, teruyama dalam pemberantasan korupsi, peningkatan investasi, serta pencegahan radikalisme.

Berbagai hal dikupas dalam diskusi yang dimoderatori oleh Kassandara Putranto ini antara lain, bagaimana strategi pembangunan ekonomi di Indonesia, strategi pembangunan SDM unggul Indonesia, pentingnya ketahanan nasional dalam mewujudkan Indonesia Maju dengan penguatan di bidang dunia usaha, pemberdayaan perempuan serta pelestarian seni dan budaya Indonesia. Inti dari diskusi ini adalah pemberdayaan dan penguatan segala sektor untuk mendukung ketangguhan Indonesia Maju.

Ketua KIM Jeffrey Yunus, SE , Ak., MM., memberikan plakat kepada moderator acara A. Kassandara Putranto

Kepada awak media, Jeffrey Yunus, SE , Ak., MM., mengatakan, melalui acara ini, diharapkan para tokoh bisa memberi masukan serta mengawal pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin dalam 5 tahun kedepan. Hal senada dikatakan Elizabeth Rini Susilowati Ketua Panitia bahwa diharapkan Presiden Jokowi juga bisa mengajak para relawan untuk berdiskusi demi kemajuan bangsa.

Sementara itu, Henny Handayani, SH., MH., Koordinator Media menegaskan, kumpulan para relawan Jokowi-Ma’ruf ini akan terus melakukan diskusi guna melakukan kajian terhadap pelaksanaan kinerja pemerintah. Dengan begitu, kata Henny, diharapkan pemerintah bisa fokus bekerja tanpa khawatir ada gangguan.

Hasil dari diskusi kebangsaan tersebut akan diberikan oleh pimpinan KIM kepada Presiden sebagai masukan dan saran dalam pembangunan Indonesia saat ini dan di masa yang akan datang. (RN)