Jakarta, innews.co.id – Membangun kemitraan menjadi sebuah keniscayaan dalam mengembangkan sebuah bisnis, utamanya di era digitalisasi sekarang ini. Hal ini juga yang dilakukan Telkomsel Cash (T-Cash) yang menjalin kemitraan dengan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk dalam memberi layanan keuangan digital bagi masyarakat Indonesia.

Penandatanganan Nota Kesepahaman kerjasama antara Executive Vice President Bank BRI (Divisi Center of Excellence), Kaspar Situmorang dan CEO TCASH, Danu Wicaksana, dilakukan BRI Innovation Center Kantor Pusat Bank BRI, Jakarta, Rabu (28/3).

Menurut Corporate Secretary Bank BRI Bambang Tribaroto, “Kerjasama ini sejalan dengan komitmen BRI untuk menjadi pelopor dalam menginisiasi metode layanan keuangan yang beragam dan memenuhi preferensi nasabah dalam bertransaksi.”

Selain itu, kerjasama ini juga merupakan langkah strategis yang diambil oleh Bank BRI sebagai Bank milik negara dengan jaringan terluas dan tersebar di Indonesia bersama TCASH sebagai uang elektronik milik Telkomsel yang memiliki jaringan layanan telekomunikasi terluas di tanah air.

Bank BRI memandang bahwa sinergi antara BRI dan TCASH ini merupakan salah satu titik penting dalam meningkatkan layanan kepada nasabah BRI dan pelanggan TCASH.

Nota kesepahaman ini menjadi payung kerjasama beragam inisiatif keuangan digital yang mengkombinasikan keunggulan kedua perusahaan, yaitu jaringan perbankan dari Bank BRI sebagai salah satu bank terbesar di tanah air dan persebaran produk serta jaringan TCASH sebagai uang elektronik dengan lebih dari 20 juta pelanggan.

Melalui kerjasama ini, masyarakat akan semakin dimudahkan dalam melakukan pembayaran tagihan (listrik, air, internet) dan e-government secara digital, hanya melalui telepon genggam.

Tak hanya itu, pelanggan dapat memanfaatkan jaringan ATM milik Bank BRI yang luas untuk mengisi saldo uang elektronik TCASH secara mudah, aman, dan cepat melalui menu transfer antar bank (kode 911) + nomor handphone.

Sementara itu, Danu Wicaksana, CEO TCASH mengatakan, “Kolaborasi merupakan kunci utama bagi perusahaan teknologi finansial (tekfin) bersama dengan perbankan untuk dapat memberikan layanan keuangan yang menyeluruh bagi seluruh lapisan masyarakat yang juga dapat memperkuat ekosistem keuangan digital di Indonesia, guna mendukung akselerasi terciptanya keuangan inklusif dan less-cash society di Indonesia.”

Selain itu, dengan adanya penambahan titik layanan pengisian saldo TCASH melalui jaringan Bank BRI semakin memudahkan pelanggan dalam mengintegrasikan transaksi digital dalam kehidupan sehari-hari. Di masa yang akan datang, Bank BRI dan TCASH akan terus mengembangkan kerjasamanya untuk memaksimalkan kemudahan akses layanan keuangan digital bagi masyarakat Indonesia.

Menurut Ernst & Young dalam laporan ASEAN Fintech Census 2018, Indonesia adalah pasar yang sedang mengalami ledakan produk pembayaran digital. Saat ini ada sekitar 262 perusaaan teknologi finansial dan didominasi oleh bentuk usaha pembayaran secara bergerak dan pembiayaan alternatif. (RN)