Jakarta, innews.co.id – Ketua Parlemen Korea Selatan Moon Hee Sang secara khusus menemui Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang (OSO) untuk mempertegas dan ingin menjajaki dalam investasi yang dapat menjalar ke daerah-daerah.

Dalam rilis yang diterima, Jumat (14/9), OSO menjelaskan, pertemuan tersebut dalam rangka menindaklanjuti kunjungan Presiden Joko Widodo ke Korea Selatan beberapa waktu lalu.

“Beliau datang juga untuk mempertegas dan ingin menjajaki dalam investasi yang dapat menjalar ke daerah-daerah,” jelas OSO.

Lanjut OSO mengharapkan hubungan persahabatan kedua lembaga ini dapat memberikan kontribusi bagi pembangunan daerah.

Pada kesempatan itu OSO juga meminta dukungan parlemen Korsel dalam pertemuan MIKTA (Meksiko, Indonesia, Korea, Turki, dan Australia) yang akan membahas beberapa isu internasional.

“Mengenai MIKTA, kita sangat membutuhkan dukungan. Salah satu agendanya melawan terorisme, kerjasama ekonomi, pengembangan energi, pembangunan berkelanjutan, kesetaraan gender, pemeliharaaan perdamaian, tata kelola pemerintahan yang baik, pelaksanaan demokrasi,” ungkapnya.

Sementara itu, Moon Hee Sang menjelaskan kunjungan yang dilakukannya bertujuan untuk membahas peningkatan kerja sama antara kedua negara.

Menurutnya, hubungan bilateral antara sesama negara dengan kekuatan menengah perlu dipererat.

“Kami membicarakan berbagai hal untuk meningkatkan kerjasama, khususnya untuk memberikan dukungan kepada Indonesia dan Korea Selatan sebagai negara kekuatan menengah dan anggota MIKTA. Saya berharap Indonesia kedepannya tetap memegang peranan penting sebagai negara penting di MIKTA dan ASEAN,” ucap Moon Hee Sang.

Moon menambahkan, Korea berkomitmen untuk terus meningkatkan kerja sama investasi dengan Indonesia. Di mana dalam dua tahun terkahir, investasi Korea Selatan ke Indonesia naik 80 persen dengan angka perdagangan mengalami kenaikan sebesar 20 persen. (RN)