Emrus Sihombing Direktur Eksekutif Lembaga EmrusCorner

Jakarta, innews.co.id – Pembentukan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 tingkat nasional oleh Presiden Joko Widodo, sebagai upaya meredam penyebaran wabah corona, patut diapresiasi. Apalagi, gugus ini telah bekerja cepat melakukan tugasnya dengan baik pada tingkat nasional.

Namun, hal itu dinilai belum cukup. Menurut Emrus Sihombing pengamat sosial politik, untuk percepatan pencapaian lebih maksimal, masif, dan meyeluruh di Tanah Air, maka penanganan penyebaran dan dampak virus corona sudah mendesak dibentuk Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 pada semua tingkatan struktur pemerintahan dari propinsi, kabupaten/kotamadya hingga di tingkat desa, bahkan sampai RT (Rukun Tetangga.

“Selain itu, pedoman pencegahan penyebaran virus corona yang sudah dirumuskan dengan bagus sekali di tingkat nasional harus tersampaikan dengan baik pula di tingkat RT,” kata Emrus dalam rilisnya yang diterima innews, Senin (23/3/2020).

Karena itu, lanjut Direktur Eksekutif Lembaga EmrusCorner ini, pedoman pencegahan dan penjelasannya harus dimodifikasi oleh tim gugus tugas setempat dalam narasi yang disesuaikan dengan gaya bahasa dan perilaku kearifan lokal sehingga mudah dimengerti, diterima dan diterapkan oleh setiap individu dalam satu tingkatan struktur pemerintahan paling bawah, yaitu RT di seluruh tanah air. (RN)