Jakarta, innews.co.id – Tampak jelas Partai Keadilan Sejahtera (PKS) gamang mengenai nasib Ahmad Syaikhu. Apakah tetap menjadi calon Wakil Gubernur DKI Jakarta atau melepasnya sebagai Anggota DPR RI. Faktanya, Syaikhu sudah dilantik menjadi Anggota DPR RI.

Anggota Fraksi PKS di DPRD DKI Jakarta Abdurrahman Suhaimi, di Jakarta, Minggu (20/10/2019), mengatakan saat ini Syaikhu masih cawagub DKI.

“Ya sejauh ini belum ada keputusan administrasi maupun politik yang dibuat PKS. Posisi cawagub masih dua orang yakni, Pak Agung dan Pak Syaikhu,” kata Suhaimi.

Dia mengakui belum berkomunikasi lebih jauh dengan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKS mengenai nasib Syaikhu.

Namun di sisi lain, nasib Syaikhu bisa saja berada di tangan panitia khusus (pansus) atau panitia pemilihan (Panlih) wagub DKI yang dibentuk DPRD DKI untuk memproses pemilihan.

Dalam proses pemilihan wagub DKI Jakarta di DPRD DKI hanya perlu membentuk pansus atau panlih. Namun, untuk tata tertib pemilihan DPRD sepakat menggunakan tatib yang sudah dibuat oleh pansus pemilihan wagub di periode sebelumnya.

“Bisa saja nanti pansus atau panlih yang dibentuk menanyakan Pak Syaikhu maunya bagaimana. Karena saat pansus atau panlih itu terbentuk akan ada pendataan ulang untuk keduanya. Di situlah bisa dipastikan,” ungkapnya.

Sementara itu, pemilihan wagub DKI menurut Suhaimi tidak akan berlangsung lama lagi. Sebab, pekan depan dipastikan alat kelengkapan DPRD DKI sudah terbentuk.

“Senin besok (21/10) itu paripurna pengesahan AKD. Setelah itu bisa kita langsung proses pemilihan wagub DKI,” ungkap mantan Ketua Komisi B itu.

Sebelumnya, posisi wagub DKI telah satu tahun lebih kosong sejak ditinggalkan Sandiaga Uno yang mencalonkan diri menjadi cawapres pada Pilpres 2019 lalu. Dua cawagub yang berasal dari PKS yakni Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu diajukan ke DPRD sejak Februari silam. (RN)