Jakarta, innews.co.id – Nilai-nilai kebangsaan menjadi keniscayaan yang akan membentengi generasi muda terhadap pengaruh zaman. Spirit nasionalisme harus terus ditumbuhkan di kalangan kawula muda.

Hal ini menjadi titik tolak pelaksanaan Lomba Pidato Kebangsaan yang diadakan Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Jakarta Timur, di Aula Gedung Wali Kota Jakarta Timur, Rabu (28/11).

Pembukaan acara ditandai pemukulan gong

Acara ini menghadirkan sejumlah peserta dari tingkat SMU/SMK se-Jakarta Timur. Turut hadir guru pembimbing dan supporter yang meramaikan acara.

Dalam sambutannya, M. Khotib S.Ag., mengatakan, acara ini merupakan bentuk kepedulian FPK terhadap nilai-nilai kebangsaan yang akhir-akhir ini tergerus oleh perkembangan teknologi yang demikian masif.

Penampilan salah seorang peserta dari SMU 42 Halim

“Acara ini menjadi momentum bagi generasi muda untuk merubah cara pandang generasi muda yang telah termetamorfosa dengan perkembangan dunia yang didalamnya banyak mengarah ke hal-hal yang negatif,” ujar Khotib.

M. Ramdan Perdana Ketua FPK Jakarta Timur (kiri) bersama Hamid Mas’ud Kepala Kesbangpol Kota Administratif Jakarta Timur

Sementara itu Hamid Mas’ud, Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Administratif Jakarta Timur mengatakan, pihaknya sangat menyambut baik dan mengapresiasi terhadap acara yang diadakan FPK Jakarta Timur ini.

“Saya beri apresiasi tinggi untuk upaya FPK Jakarta Timur yang merasa punya tanggung jawab untuk melanggengkan nilai-nilai Pancasila kepada generasi muda. Kiranya, acara ini bisa tertanam di dalam relung sanubari generasi muda, sehingga dalam implementasinya bisa memelihara spirit kebersamaan,” ujar Hamid.

Baris depan ki-ka. Hendarman Wakil Ketua FPK Jaktim, Ramdan Perdana Ketua FPK Jaktim, dan Khotib Ketua Panitia Lomba Pidato Kebangsaan FPK Jaktim

Sementara itu M. Ramdan Perdana, M.Si., Ketua FPK Jakarta Timur mengatakan, acara ini merupakan bagian dari tugas FPK dalam memelihara spirit nasionalisme dan kebangsaan ditengah perbedaan.

“Acara ini menjadi terobosan bagi FPK yang selama ini telah concern melaksanakan implementasi wawasan kebangsaan di sekolah-sekolah di wilayah Jakarta Timur,” jelasnya.

Baris depan para petinggi Kesbangpol DKI Jakarta Kota Administratif Jakarta Timur

FPK adalah organisasi yang berada di bawah naungan Kesbangpol DKI Jakarta Kota Administratif Jakarta Timur yang anggotanya terdiri dari lintas etnis. Ke depan, acara serupa ini rencananya akan menjadi agenda rutin FPK Jakarta Timur dalam menanamkan nilai-nilai kebangsaan bagi generasi muda. (RN)