Vonny Pawaka, SH., M.Kn., abdikan hidup melalui TGP

Jakarta, innews.co.id – Secara aklamasi, Vonny Pawaka, SH., M.Kn., terpilih sebagai Ketua Umum Ikatan Keluarga Besar ex Tentara Genie Pelajar (TGP) Brigade XVII dalam Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) yang diadakan di Surabaya, 10 November lalu. Tugas berat pun diembannya selama periode 2019-2023.

Wadah yang merupakan warisan dari para pejuang dulu ini, kini diteruskan oleh anak-anaknya (Generasi – 2).

TGP memberi tanda kasih kepada siswi-siswi SD Sumber Pucung

Pada kesempatan pertemuan pasca Munas TGP yang diadakan di Jakarta, Sabtu (30/11/2019), Vonny menjelaskan, bahwa ia yang sebelumnya duduk sebagai Wakil Ketua TGP Jabodetabek, kini dipercaya sebagai Ketua Umum.

“Ini merupakan kepercayaan dan tanggung jawab yang besar. Kebetulan orang-orang tua kami dulunya berjuang, dan sekarang kami anak-anaknya tetap menjaga silahturahmi dan kebersamaan,” kata Vonny.

Suasana pertemuan dan silahturahmi di kediaman Vonny Pawaka

Perjuangan TGP dulu, kata Vonny, memang lebih terpusat di Pulau Jawa, namun ada juga yang menyebar ke Sumatera, Kalimantan, dan lainnya. Ini juga yang menjadi keterbebanan Vonny untuk bagaimana mengaungkan TGP sehingga terhimpun lebih banyak lagi.

“Di Jabodetabek sendiri, masih ada anggota TGP Generasi-1 yang usianya lebih dari 90 tahun. Sampai kini, kami tetap berkomunikasi baik. Bahkan, orangtua Gatot Nurmantyo (mantan Pangab juga dulunya Anggota TGP),” kata Vonny.

Dari struktur kepengurusan, TGP sudah memiliki Dewan Pimpinan Cabang, selain Dewan Pimpinan Pusat (DPP) dan Dewan Pimpinan Daerah (DPD). Di Pulau Jawa sendiri, TGP sudah ada sampai ke kabupaten/kota.

Lebih jauh Vonny menjelaskan, TGP adalah personil yang dulunya terlibat dalam penyiapan peralatan perang, mulai dari persenjataan, membawa kendaraan perang, sampai merakit bom.

Vonny Pawaka dan rekan-rekan TGP bertekad majukan wadah warisan para pejuang bangsa

Vonny mengajak semua pihak yang orangtuanya bergabung di TGP, untuk mau berhimpun, merajut silahturahmi dan memelihara keutuhan TGP di masa kini dan mendatang.

Dijelaskan pula, Bupati Madiun telah membuat Monumen TGP di Madiun dan rencananya pada Februari 2020 bertepatan dengan Perayaan HUT TGP, maka akan dilakukan peresmian dan serah terima ke Pengurus TGP.

Hal lain yang juga akan menjadi perhatian Pengurus TGP adalah pendidikan. Sebenarnya ini sudah berjalan lama, para personil TGP dulu sudah mendirikan SD Sumber Pucung di Jawa Timur. Dulu, sekolah tersebut begitu susah, namun seiring waktu berkembang, bahkan telah menelurkan sejumlah orang sukses di negeri ini.

Harapannya sebagai Ketum TGP, bisa semua kembali guyub dan bersatu. “Tentu saya akan berupaya merangkul semua pihak. Kita harus memahami bahwa hanya dengan bersatu, maka banyak hal yang bisa kita kerjakan bersama,” seru Vonny yang juga dikenal sebagai Notaris/PPAT dan pengusaha ini menutup perbincangan. (RN)