Jakarta, innews.co.id – Dibentuknya Tim Ibu Pemenangan August Hamonangan (TIPAH) pada 21 Januari 2019 tidak sekadar untuk menghantar August Hamonangan, SH., MH., calon angggota DPRD DKI Jakarta, ke Kebon Sirih, pada Pemilihan Legislatif, 17 April 2019 nanti.

Namun,ada visi mulia yang diemban, yakni memperjuangkan hak-hak para wanita sehingga ada kesetaraan yang hakiki dalam hidup sehari-hari.

August Hamonangan, Calon Legislatif DPRD DKI Jakarta dari PSI daerah pemilihan Jakarta Selatan 8 Nomor Urut 1, tengah memberikan penyuluhan hukum kepada ibu-ibu yang terhimpun dalam TIPAH, Senin (21/1/2019)

Lebih jauh August Hamonangan, kepada innews, Senin (19/1/2019) mengatakan, pembentukan TIPAH yang dilakukan di daerah Srengseng Sawah merupakan wadah para ibu dalam menentukan sikap dan pilihan, khususnya kepada August Hamonangan, SH., MH., Caleg PSI, Nomor Urut 1, daerah pemilihan Jakarta Selatan 8 ini.

Salah satu tujuan pembentukan TIPAH ini, kata August adalah agar ibu-ibu, khususnya di wilayah Srengseng Sawah nantinya dapat langsung menyampaikan keluhan pelayanan publik oleh aparat Pemda DKI Jakarta, khususnya dibidang perizinan maupun penegakan hukum.

Pembentukan TIPAH juga diisi dengan penyuluhan hukum terkait Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) yang intinya pelaku KDRT dapat dijerat hukum. Terlebih yang mengakibatkan luka parah.

Para ibu yang terhimpun dalam TIPAH komitmen dukung August Hamonangan pada Pemilu Legislatif mendatang

“Akan tetapi hal-hal sepele, misal, cekcok, nafkah kurang, dan sebagainya, sebaiknya diselesaikan secara kekeluargaan,” saran August bijak.

Dibahas pula soal langkah-langkah hukum menyikapi maraknya penipuan berkedok jualan online.

Kumpulan ibu-ibu yang terhimpun dalam TIPAH siap berjuang menangkan August Hamonangan

August Hamonangan juga menegaskan, keberadaan TIPAH juga untuk mengadvokasi masalah-masalah hukum lainnya, baik perdata maupun pidana, konsultasi hukum gratis, pendampingan di kepolisian, dan lainnya.

Bagi August, wanita harus dapat peluang lebih maju, meski tetap berjalan dalam koridor kodratinya, serta merasa aman di Jakarta. Termasuk dihindarkan dari pungutan liar (pungli).

Ini selaras dengan visi August Hamonangan, yakni Jakarta Mantap (Maju Aman Tanpa Pungli).

Selain itu, ibu-ibu sebagai tiang keluarga harus diberi kesempatan mandiri, melalui aneka pelatihan, khususnya di bidang perekonomian.

“Demikian juga aparat Pemda DKI Jakarta harus jujur kepada ibu-ibu tatkala mengurus administrasi kependudukan. Jangan lagi dipungli,” tandasnya.

Ini pun termaktub dalam misi August yakni MANJUR (Warga MANdiri – aparat JuJUR).

Para Ibu yang tergabung di TIPAH berkeyakinan August Hamonangan akan terpilih sebagai anggota DPRD DKI Jakarta serta amanah menjalankan perjuangan yang pro rakyat.

“Pak August saya nilai orangnya konsisten dan mau turun langsung mendengar aspirasi masyarakat bawah. Tentu kami dukung dan doakan agar Pak August bisa jadi anggota dewan,” ujar salah seorang ibu yang minta namanya tidak ditulis. (RN)