Jakarta, innews.co.id – Seruan untuk menjaga bumi dengan melestarikan hutan terus dikumandangkan. Salah satunya yang dilakukan para tokoh lintas agama yang melakukan deklarasi dan komitmen untuk bersama-sama menjaga hutan.

Deklarasi ini berlangsung di Taman Perdamaian (Peace Park) di Halaman MPR/DPR RI di Jakarta, Jumat (26/10). Hadir pada kesempatan tersebut Zulkifli Hasan Ketua MPR RI, Prof. Dr. M. Din Syamsudin Chairman Siaga Bumi, para tokoh lintas agama masing-masing dari MUI, PGI, KWI, PHDI, PERMABUDHI, MATAKIN, AMAN, dan lainnya.

Dalam rilis yang diterima dituliskan salah satu isi deklarasi, “Kami umat berbagai agama dan masyarakat adat di Indonesia, menyadari bahwa hutan adalah Ciptaan Tuhan Yang Maha Kuasa. Kami mengamati dengan penuh keprihatinan bahwa hutan di Indonesia mengalami kerusakan akibat dari berbagai ulah manusia. Oleh karena itu, kami elemen masyarakat madani Indonesia dengan ini menyatakan komitmen untuk melindungi, melestarikan, dan memuliakan hutan tropis yang ada di Indonesia”.

Deklarasi ini juga menyatakan komitmen untuk memberikan rumah bagi kerjasama guna terwujudnya hutan lestari dan berkelanjutan.

Menurut Din Syamsudin, telah banyak usaha yang dilakukan dalam upaya melestarikan hutan tropis di dunia. Namun, upaya tersebut tidaklah cukup dan ditemukan tantangan dalam pengelolaan alam yakni moral manusia yang menjadi akarnya. Oleh karena itu, agama menjadi penting untuk dapat terlibat dalam mengelola moral manusia tersebut.

Ke depan diharapkan agama dan masyarakat adat dapat berperan dalam mengingatkan manusia agar tidak melakukan kerusakan. Disamping itu sudah lazim bahwa masyarakat yang berada di kawasan pedesan dengan adat istiadat yang dijunjung tinggi lebih mudah melakukan adaptasi atas modalitas dan moralitas sehingga pendekatan dengan para pemuka dan tokoh masyarakat setempat dapat menjadi agen perubahan guna mendorong perubahan perilaku dalam melestarikan hutan hujan tropis.

Indonesia termasuk salah satu dari tiga negara di dunia yang memiliki hutan hujan tropis terbesar, selain Brazil dan Republik Demokratik Kongo.

Hutan hujan tropis menyediakan air dan pendapatan bagi 1,6 milyar manusia. Hutan ini mengatur regulasi iklim, sumber air, dan temperatur global, regional, serta lokal.

Sementara itu, dalam sambutannya, Zulkifli Hasan mengajak semua pihak untuk bersama-sama menjaga hutan. (BY)