Para pembicara menjelaskan dengan tuntas dalam penyuluhan kesehatan yang diadakan di Klenteng Kong Miao, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Minggu (29/9/2019)

Jakarta, innews.co.id – Masalah kesehatan dirasa cukup pelik. Apalagi bila seseorang mendapati penyakit di level yang sudah kronis. Untuk itu, dibutuhkan kepedulian terhadap kesehatan pribadi sedini mungkin.

Hal tersebut yang dengan gencar coba disosialisasikan kepada umat Khonghucu, seperti yang dilakukan Matakin Provinsi DKI Jakarta bekerjasama dengan Perempuan Khonghucu Indonesia (Perkhin) dan Yayasan Pemerhati Kanker Indonesia( YPKI), melalui penyuluhan kesehatan yang diadakan di Klenteng Kong Miao, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Minggu (29/9/2019).

Para peserta diajak mempraktekkan cara melihat tanda-tanda adanya kanker
Para peserta dengan penuh semangat mempraktekkan cara-cara melihat gejala kanker

Sekitar 100-an umat Khonghucu mengikuti penyuluhan yang mengusung tema “Waspada kanker membunuhmu, Mencegah lebih baik daripada mengobati” dengan berbagai topik penyajian diantaranya, pembahasan soal kanker prostat, kanker rahim, dan kanker payudara.

Pembicara banyak dihujani pertanyaan-pertanyaan dari umat
Rasa keingintahuan umat begitu kentara dalam penyuluhan kesehatan yang diadakan Matakin Provinsi DKI Jakarta dan PERKHIN di Kong Miao TMII, Jakarta, Minggu (29/9/2019)

Para peserta nampak antusias menyimak penjelasan yang disampaikan oleh Dian Prapti. Di sesi tanya jawab, para peserta begitu bersemangat untuk memperdalam topik bahasan.

Acara tanya jawab yang begitu menarik
Umat begitu antusias memperdalam topik yang disajikan

Dalam acara ini juga diadakan pemeriksaan gula darah secara gratis. Selain Dian Prapti, tampil juga memberi motivasi Js. Liem Liliany Lontoh, SE., M. Ag., dan Ketua Perempuan Khonghucu Indonesia (PERKHIN) Dq. Suryani Na.

Pemeriksaan kesehatan gratis diserbu umat
Satu per satu umat diperiksa gula darahnya

Kepada innews, Js. Liem Liliany Lontoh, SE., M.Ag., Ketua Matakin Provinsi DKI Jakarta mengatakan, “Dengan mengadakan penyuluhan, umat dapat mengetahui lebih dini tentang penyakit kanker, baik penyebab maupun pencegahannya”.

Umat yang memadati Kong Miao begitu serius mendengarkan penyuluhan kesehatan

Ditambahkan, penyuluhan ini dimaksudkan agar umat terhindar dari penyakit yang mematikan ini.

Umat mendapat pencerahan mengenai pentingnya melakukan pengecekan kesehatan sedini mungkin

“Kita tentu semua berharap umat Khonghucu dan tentunya Perempuan Khonghucu Indonesia senantiasa dapat menjaga tubuhnya dengan baik sehingga terhindar dari penyakit yang berbahaya. Demikian pula dengan para bapak yang hadir dapat mengetahui sebab dan pencegahan penyakit kanker prostat,” kata Liliany Lontoh. (RN)